Close

Wisata Quran Penghafal Al-Quran Pesantren al-Hilal

  • Home
  •  / 
  • Berita
  •  / 
  • Wisata Quran Penghafal Al-Quran Pesantren al-Hilal

Alhamdulillah pada tanggal 21 Desember 2019, LAZ (Lembaga Amil Zakat) Al Hilal telah selesai melaksanakan kegiatan Wisata Quran Penghafal Al Quran yang  berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah.

Acara ini diikuti oleh 30 anak yatim dan santri Penghafal Al Quran Al Hilal, Asatidz dan Asatidzah, serta 14 relawan dari kawanku beristiqomah. Seluruh peserta berangkat dari Bandung pukul 06.00 dan tiba di TMII pukul 08.30

Wisata Quran Penghafal Al-Quran Pesantren al-Hilal 1

Kegiatan ini meliputi Wisata Quran mengunjungi Musium Bayt Quran dan Musium Istiqlal di Taman Mini Indonesia Indah, Wisata Edukasi ke Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga, serta mengunjungi Reakreasi Sonwbay (berenang).

Acara ini merupakan wujud penghargaan atas tercapainya hafalan Al Quran mereka, edukasi mengenai Al Quran, bagaimana Al Quran tersebut dibuat, dan sejarah Al Quran di Indonesia. Selain itu juga dengan kegiatan ini anak-anak dapat mengenal bangunan masjid dari jaman dahulu hingga sekarang, serta yang terpenting yaitu menumbuhkan rasa cinta kepada AL Quran.

Wisata Quran Penghafal Al-Quran Pesantren al-Hilal 2

Acara ini berkolaborasi dengan kawanku beristiqomah dengan kegiatan pertama mengunjungi Bayt Quran, disana anak-anak mencatat semua informasi dari pemandu yang menceritakan sejarah penulisan Al Quran, serta penjelasan mengenai Al Quran terbesar dan terkecil di Indonesia.

Setelah ke Bayt Quran, kegiatan selanjutnya yaitu mengunjungi musium Istiqlal, didalam nya terdapat bangunan-bangunan masjid tempo dulu, bedug dari pohon kelapa, miniatur masjid Istiqlah dan masjid Denmark serta masjid-masjid bersejarah lainnya. Selain itu juga terdapat Kaligrafi yang sangat indah hasil karya anak bangsa yang mengikuti perlombaan kemudian dipajang di musim Istiqlal.

Wisata Quran Penghafal Al-Quran Pesantren al-Hilal 3

Kegiatan selanjutnya yang sangat menarik antusias anak-anak yaitu mengunjungi dunia air tawar dan serangga, disana mereka dapat melihat ikan yg belum pernah mereka lihat sebelumnya seperti piranha, aligator dll.

Ketika hari mulai siang, anak-anak istrahat makan dan sholat di mushola, kemudian berdoa bersama dengan Bapak Chatim dari Dunia Air Tawar & Serangga. Setelah istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan menuju wahana berikutnya yaitu ke Snowbay dengan menggunakan kereta yang sudah disewa untuk mengelilingi TMII.

Snowbay ini merupakan tujuan wahana terakhir dari rangkaian kegiatan yang mereka jalanin dan  anak-anak diberi kebebasan untuk berenang serta bermain sepuasnya hingga waktu ashar. Kemudian setelah sholat ashar dan makan, anak-anak kembali pulang ke Bandung pada pukul 17.00

Alhamdulillah anak-anak senang dengan kegiatan ini dan semoga adanya Rihlah ini menjadi sarana untuk mereka agar lebih giat lagi dalam menghafal Al Quran, dan mereka pun mempunyai kesempatan yag sama sepeti anak lainnya dapat berekreasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *