• Apakah ada pertanyaan?
Close

Terkabulnya Doa Adalah Amanah

LAZ AL HILAL – Kita meminta kepada Allah SWT, meminta apapun, dan meminta yang terbaik kepada Allah SWT. Tetapu saat takdir dari-Nya telah menghampiri kita, terkadang kita masih mengeluh seolah-olah menyesali apa yang telah kita panjatnya dan dikabulkan oleh-Nya. Padahal, apapun yang terlah Allah SWT takdirkan merupakan yang terbaik dari-Nya. Dan kita sebagai manusia terkadang sering melupakan, bahwa ketika doa yang kita panjatkan terkabul, itulah amanah dari-Nya.

Allah SWT telah mengabulkan doa kita, tetapi pada akhirnya pun kita yang mengeluh atas kenyataan yang tak sesuai dengan harapan kita. Ibarat, kita meminta yang terbaik kepada Allah SWT, tetapi saat itu pula kita mengeluh hanya karena harapan yang kita panjatkan tak semudah yang kita kira. 

Tetapi perlu kita ingat bahwa Allah SWT yang maha kuasa dan mengabulkan doa-doa setiap hamba-Nya ketika mereka berdoa kepada-Nya. Bukankah Allah SWT mengatakan dalam firman-Nya di dalam ayat suci Al Quran yaitu QS. Ghafir ayat 60

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Berdoalah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya untuk kalian.” (QS. Ghafir: 60)

Sahabat Al Hilal, kadang saat semua yang dipinta dikabulkan oleh-Nya, hati tetap saja tidak puas, kapan? Saat yang menjadi takdir-Nya tak sesuai yang kita sangkakan selama ini. Padahal yang benar-benar yang terbaik kadang memang butuh yang namanya perjuangan, kesabaran dan keikhlasan.

Mulai sekarang, yuk bersyukurlah. Allah SWT telah mengabulkan doa kita, maka itulah doa yang menjadi amanah untuk kita. Karena, takdir-Nya yang telah Allah SWT kabulkan itulah harapan dari apa yang telah kita panjatkan kepada Allah SWT. Dan bersabarlah ketika apa yang kita pinta ternyata tak sepenuhnya membuat kita baik, karena meski Allah menjajikan semuanya baik, bukan berarti semuanya akan mudah.

Rasulullah SAW pun bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dalam Thabrani,

قَا اللهُ تَعَالىَ : يَاابْنَ اَدَمَ, اِنَّكَ مَاذَكَرْتَنِى شَكَرْتَنِى, وَاِذَامَانَسِيْتَنِى كَفَرْتَنِى

“Allah berfirman dalam hadits qudsi-Nya: “wahai anak Adam, bahwa selama engkau mengingat Aku, berarti engkau mensyukuri Aku, dan apabila engkau melupakan Aku, berarti engkau telah mendurhakai Aku!” (H.R Thabrani).

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal