• Apakah ada pertanyaan?
Close

Hutang Yang Dijamin Allah SWT

Hutang Yang Dijamin Allah SWT 1

LAZ AL HILAL – Selama kita hidup di dunia, tentu cobaan dan aral melintang sering terjadi. Karena dunia memang tidaklah semudah seperti apa yang diharapkan. Akan ada saat dimana kita merasakan kesulitan yang teramat luar biasa, ada kalanya kita berada di atas awan. Uang menjadi sesuatu hal yang begitu berharga bagi setiap insan. Tetapi, bukan kah tak semua orang pula yang mampu mendapatkan uang dengan mudah?

Tak sedikit manusia yang tidak mempunyai uang dan tak bisa mencukupi kebutuhan hidupnya dengan berhutang kepada orang yang mempunyai kelebihan harta.

Diriwayatkan dalam sebuah kisah Al-Faqih,

Al-Faqih berkata, saya mendengar ayah saya berkata, “Suatu ketika Tsabit Al Bannani berada di rumah Anas bin Malik, kemudian ia menuturkan bahwasanya ia mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesunggunya Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Agung telah menjamin utang seorang hamba yang berutang karena tiga hal:

1. (Orang yang berutang) karena untuk nikah, dikarenakan takut terjerumus dalam pelacuran, kemudian dia tidak mampu membayarnya sampai dia mati, maka nanti pada hari kiamat Allah menjamin utangnya.

2. Orang yang berutang dikarenakan membantu kaum muslimin untuk keluar ke peperangan (jihad).

3. Apabila seseorang berutang untuk kafan orang yang meninggal dunia, karena sesungguhnya Allah Ta’ala akan memberikan kepuasan kepada orang yang diutanginya nanti pada hari kiamat.”

Kemudian Tsabit masuk ke rumah Al Hasan Al Bashri dan menyebutkan apa yang baru saja ia dengar dari Anas, kemudian Al Hasan Al Bashri berkata: Anas telah tua dan lupa untuk menyebutkan sesuatu yang lebih utama daripada itu semua, yaitu:

“Bahkan bersamaan dengan mereka, Allah Ta’ala menjamin seseorang yang berutang untuk memberi nafkah keluarganya dan telah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk membayarnya, namun ia tidak bisa membayarnya sampai mati, maka tidak ada perkara antara dia dan orang-orang yang mengutanginya nanti pada hari kiamat.”

Sahabat Al Hilal, itulah hutang yang InsyaAllah dijamin Allah SWT untuk hamba-Nya. MasyaAllah…

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal