• Apakah ada pertanyaan?
Close

Suka Nonton Anime, Melanggar Agama? Iyasih Kalau…

Laziswaf Al Hilal – Sahabat Al Hilal, kita sebagai manusia pasti mempunyai banyak hobi yang di gemari salah satunya adalah menonton anime, anime sendiri animasi yang berasal dari kota sakura alias Jepang, pastinya banyak menuai pro kontra dan dalam islam apakah anime itu sendiri melanggar agama yuk simak!

Ketika anak-anak bergerombol di depan televisi tak ada satu orang tua yang prihatin dengan prilaku anak-anaknya, padahal jika di lihat-lihat anak-anak sedang dalam kondisi memprihatinkan, banyak film kartun yang di kemas mengajarkan kepada pelanggaran-pelanggaran syariat Allah dan Rasul-Nya Shollallahu’alaihi Wasallam.

Nah bagaimana cara menghindari hal tersebut itu tidak terjadi? Jadi maka dari itu pentingnya kita melihat film sesuai dengan umurnya, namun pada dasarnya tidak semua kartun memiliki hal negatif, banyak juga yang mengemas dengan nilai moral yang tersedia salah satu anime yang sempat viral adalah “Captain Tsubasa” anime ini memiliki pesan moral yaitu tentang kehidupan Tsubasa yang semangat serta kerja keras untuk menjadi pemain bola, dan berbuah keberhasilan.

Yang membuat anime melanggar agama adalah jika penikmat anime nonton hingga lupa waktu dan meninggalkan sholat, lalu meniru perbuatan buruk yang di ceritakan di dalam dunia nyata itu bersifat haram, apalagi yang di tonton bersifat pornografi, membuka aurat, berisfat anarkisme berbau kesesatan pastinya dosa besar.

Namun seperti Sahabat Al Hilal ketahui bahwa kebanyakan khalayak yang memandang buruk hanya menilai dari anime saja, namun banyak hal yang lebih berbahaya youtube, serta sinetron. Perlu di ketahui bahwa film merupakan media komunikasi yang dapat merubah prilaku seseorang, bagaimana caranya agar menonton tidak melanggar agama?

Jika hanya untuk sekedar hobi saja mengisi waktu luang ketika penatnya rutinitas pada dasarnya itu mubah. Dan perlu di ingat bahwa apa yang dia tonton adalah hal yang tidak nyata sama sekali, hanya di buat untuk menginpirasi dan menghibur semata. Pastinya jangan pernah tinggalkan kewajiban yang sudah di tetapkan islam, sholat terjaga, mengaji, serta mencara amalan lainnya.

Informasi & Call

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Finna Efrilla Suseno

Content Writter at LAZ al-Hilal