• Apakah ada pertanyaan?
Close

Sedekah Air, Jalan Menuju Surga

Sedekah Air, Jalan Menuju Surga 1

LAZ AL HILAL – Alhamdulillah, program sedekah air untuk ummat telah dijalankan Kembali oleh Yayasan LAZ Al Hilal, pada Jumat dan bertepatan hari kemarin (13/02/2021) program sedekah air untuk ummat dilaksanakan di Pesantren Al Hilal 1 Cililin. Sahabat Al Hilal, ada yang berbeda program sedekah air untuk ummat yang dilaksanakan di Pesantren Al Hilal 1 Cililin kemarin, mengapa? Karena, dalam program sedekah air kemarin, para pengurus Pesantren Al Hilal 1 Cililin menyiapkan air minum yang hangat untuk para warga sekitar di pagi hari.

Sahabat Al Hilal, begitu pentingnya air bagi tubuh kita. Karena perlu kita ketahui bahwa otot-otot yang ada di dalam tubuh kita membutuhkan lebih banyak cairan dan mengandung lebih banyak air dari pada lemak tubuh. Terlebih lagi, semua organ-organ vital kita mengandung tingkat yang berbeda dari air.

Sedekah Air, Jalan Menuju Surga 2

Selain itu pun ketika kita bersedekah air, apalagi sedekah itu sangat bermanfaat untuk orang lain. Sahabat Al Hilal, Dalam suatu hadist pun dinyatakan bahwa sedekah air menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan pengampunan dari Allah SWT, walaupun air yang kita sedekahkan hanya sedikit bahkan ketika kita memberikan air tersebut untuk hewan disekitar kita. Seperti yang diriwayatkan dalam HR. Muslim, Rasulullah SAW bersabda

Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah menolong binatang juga memperolah pahala?” Beliau menjawab: “Menolong setiap makhluk yang mempunyai limpa itu mendapatkan pahala.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam konsep sedekah menurut islam pun sedekah air termasuk di antara sedekah yang paling utama. Hal tersebut pun diriwayatkan dalam hadist.

Kepada Rasulullah SAW, Saad (bin Ubadah ra) bertanya:

“Sedekah apakah yang paling engkau sukai?”

Rasulullah Saw bersabda:

“Air”

Sedekah Air, Jalan Menuju Surga 3

Ketika kita membantu akses air kepada mahluk hidup yang membutuhkan air sama saja dengan memberikan kehidupan kepadanya. InsyaAllah

Sahabat Al Hilal, air sangat penting untuk makhluk hidup di dunia, namun mungkin ada saatnya ketika kita memiliki keterbatasan dalam mengakses air. Nah dalam program sedekah air pun tentunya bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan air, sungguh membantu orang yang sedang membutuhkan bantuan itu adalah sedekah.

Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga macam, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang dapat diambill manfaatnya, atau anak saleh yang mau mendoakannya.” (HR. Muslim)

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telepon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Pesantren Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal