• Apakah ada pertanyaan?
Close

Rahasia di Balik Perayaan April Mop

Rahasia di Balik Perayaan April Mop 1

LAZ AL HILAL – Hari ini merupakan tanggal 1 April 2021, banyak selakali masyarat di seluruh dunia merayakan April Mop. Apa itu April Mop? Bukan kah April Mop merupakan hari dimana setiap kebohongan, keusilan, dan kejahilan ituu di perbolehkan dan tidak dilarang. Tetapi di hari ini pun korbandari April Mop ini tidak diperbolehkan untuk kesal atau marah dengan alasan karena ini adalah hari April Mop! Lantas, bagaimana Islam memandang perayaan ini?

Sahabat Al Hilal, Islam telah melarang umat-Nya untuk merayakan perayaan ini. Apakah sahabat Al Hilal mengetahui bagaimana sejarah terbentuknya perayaan April Mop ini?

Dilansir dalam berbagai sumber, sejarah perayaan April Mop ini terjadi sebagai salah satu sejarah yang kelam dalam sejarah agama Islam. Hal ini pun berawal sejak dibebaskannya Islam pada abad ke-8 M oleh Panglima Thariq bin Ziyad di Spanyol yang berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri makmur.

Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyol, maka Islam pun menyebar tidak hanya di negeri Spanyol saja karena sikap penguasa Islam yang begitu baik dan rendah hati. Muslim yang ada di masa itu pun teramat sungguh mempraktikkan kehidupan mereka secara Islami.

Kejayaan Islam pada masa tersebut berlangsung hingga enam abad lamanya. Selama ini pula kafir teramat sangat ingin menaklukan Islam. Berbagai macam upaya pun dilaksanakan untuk menaklukkan Islam, tak banyak yang tahu, kaum kafir yang berada disana mempelajari kelemahan umat Islam dan akhirnya mereka pun menemukan cara untuk menaklukkan Islam yakni dengan melemahkan keimanan mereka.

Setelah umat Islam disana mulai lengah, pasukan kafir pun mulai mencari celah untuk memusnahkan Islam, seluruh muslim yang tertipu daya oleh kaum kafir beriringan berjalan pergi menuju Pelabuhan. Tetapi tidak dengan beberapa umat Islam yang tidak mempercayai tipu daya kaum kafir, mereka memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumah mereka.

Ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika tentara kafir membakari kapal-kapal dan rumah mereka yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil.

Jerit tangis dan takbir pun membahana. Seluruh muslim Spanyol di Pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Sahabat Al Hilal, disinilah kebohongan, keusilan diperbolehkan. Disinilah April Mop dirayakan.

Bukankah Rasulullah SAW telah berpesan kepada kita sebagai umat-Nya dalam HR. Abu Dawud? Dalam hadist tersebut, Rasulullah SAW bersabda

“Celakalah bagi orang yang berbicara lalu berdusta untuk membuat orang lain tertawa. Celakalah dia, celakalah dia.” (HR. Abu Daud)

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal