• Apakah ada pertanyaan?
Close

Dahsyatnya Surat Al Ikhlas

LAZ al-Hilal – Seperti yang kita ketahui, surat Al Ikhlas merupakan salah satu surat yang menjadi favorit sebagian umat Muslim.

Surat Al Ikhlas adalah salah satu surat yang tidak terlalu memiliki ayat yang Panjang dalam Al Quran. Sahabat Al Hilal, meskipun menjadi salah satu surat yang tergolong surat pendek tetapi memiliki keutamaan yang luar biasa loh. Apakah itu?

Mungkin tak banyak dari kita yang mengetahui keutamaan dan kedahsyatan dari surat ini. Maka dari itu, ketika kita membaca dan mengamalkan surat ini tak jarang umat muslim yang kurang memaksimalkan hafalan dari makna surat Al Iklas itu sendiri karena keistimewaan dari surat ini yang tidak banyak umat muslim yang mengetahui keistimewaan surat ini.

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa keutaman bagi kita sebagai seorang muslim yang senantiasa membaca surat Al Ikhlas loh!

Ternyata, surat Al Ikhlas merupakan surat yang disetarakan dengan sepertiga Al Quran. Mengapa demikian? Hal ini dijawab langsung oleh Rasulullah SAW melalui HR. Bukhari, dalam hadist tersebut Rasulullah SAW bersabda

والذي نفسي بيده إنها لتعدل ثلث القرآن

“Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya ia (surat Al Ikhlas) sebanding dengan sepertiga Al Quran,”

(HR Bukhari)

Dikisahkan dan Diriwayatkan dalam HR. Bukhari pun, Rasulullah SAW pun bertanya serta menjawab pertanyaan para sahabat-Nya

“Apakah salah satu di antara kalian sanggup membaca sepertiga Alquran pada malam hari?” Hal ini membuat para sahabat terasa berat, maka mereka bertanya-tanya: “Siapa di antara kita yang sanggup melakukannya, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Qul huwa-llahu ahad, Allahush sham ad (surat Al Ikhlas) adalah sepertiga Alquran,”

(HR Bukhari)

من قرأ (قل هو الله أحد) عشر مرات بنى الله له بيتا فى الجنة

“Barang siapa membaca: ‘Qul huwa-llahu ahad’ sepuluh kali, maka Allah membangunkan untuknya rumah di surga”

Sahabat Al Hilal, itulah keutamaan ketika kita membaca surat Al Ikhlas, meskipun tergolong ke dalam salah satu surat yang tidak memiliki ayat yang Panjang, bukankah surat Al Ikhlas mempunyai isi dan makna yang dahsyat? Masya’Allah… Wallahu’alam bishwab

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal