• Apakah ada pertanyaan?
Close

Mapan Dulu atau Nikah Dulu?

LAZ AL HILAL – Siapa yang tidak ingin menikah? Pasti sahabat Al Hilal dimanapun ingin menikah. Menikah merupakan salah satu proses dalam kehidupan kita yang InsyaAllah akan dilewati oleh kita sebagai manusia. Namun, pasti hal ini pun menjadi satu pertanyaan yang mengusik benak setiap manusia, yaitu “Kapan ya aku akan menikah?” atau mungkin “Mapan dulu atau nikah dulu?”

Lantas, jika bisa kedua nya mengapa tidak? Ketika bisa meraih kesuksesan Bersama pasangan, mengapa tidak?

Sahabat Al Hilal, menikah bukanlah suatu penghalang untuk kita tetap belajar dan berkarir. Tidak ada salahnya ketika kita tidak ingin menikah muda, karena setiap manusia punya cara sendirii dan pemikirannya sendiri bukan?

Tetapi hanya saja pemikiran bahwa kita tidak ingin menikah diusia muda membuat karir atau Pendidikan kita tertunda karena pernikahan. Itulah pemikiran yang kurang benar. Sesungguhnya, apapun tujuannya itu Kembali pada diri kita sendiri. Jika serius pasti akan tercapai, jika terus berikhtiar dan berdoa pasti akan dibukakan langsung jalannya oleh Allah SWT.

Perlu kita ingat, meskipun menikah adalah sunnah dan ibadah yang paling lama kita sebagai hamba-Nya, namun menikah pun bukan suatu hal yang dapat kita sepelekan atau kita sia-sia kan. Menikah adalah komitmen dan janji kita kepada Allah SWT, komitmen dan janji kita kepada pasangan kelak.

Karena sungguh, pernikahan merupakan suatu hal yang sakral. Bukan hanya sekedar menyatukan dua cinta saja. Banyak hal dan kewajiban yang harus kita penuhi ketika kita akan mengarungi bahtera rumah tangga.

Sahabat Al Hilal, menikah sangat dianjurkan untuk disegerakan (bagi mereka yang mampu dan khawatir terjerumus dalam kemaksiatan), namun bukan berarti terburu-buru. Butuh bekal untuk melangkah kejenjang pernikahan agar rumah tangga selalu dalam kebahagiaan dan keberkahan. InsyaAllah…

Meskipun demikian, sangat dianjurkan sekali ketika hendak mengkhitbah seseorang perlu terlebih dahulu mempertimbangkan kriteria dalam hal menentukan jodohnya itu, agar kelak di kemudian hari tidak ada penyesalan yang muncul dalam pernikahannya. Namun masalah agama paling utama.

Pesan Rasulullah SAW yang diriwayatkan dalam HR. Bukhari Muslim,

Dari Abi Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Wanita itu dinikahi karena empat hal. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan agamanya. Namun dari empat itu paling utama yang harus jadi perhatian adalah masalah agamanya. Maka perhatikanlah agamanya kamu akan selamat.” (HR. Bukhari Muslim).

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal