• Apakah ada pertanyaan?
Close

Dapatkah Sedekah Sembuhkan Penyakit?

  • Home
  •  / 
  • Berita
  •  / 
  • Dapatkah Sedekah Sembuhkan Penyakit?
Dapatkah Sedekah Sembuhkan Penyakit? 1

LAZ AL HILAL – Sahabat Al Hilal, banyak yang bilang bahwa sedekah yang kita salurkan akan menyembuhkan penyakit yang sedang kita derita. Tetapi benarkah itu? Tentu, disetiap penyakin yang Allah SWT berikan kepada kita pasti Allah SWT pun memberikan obatnya. Karena jika sebuah penyakit tidak sembuh tentu sudah pasti kita harus berobat ke berbagai macam dokter dengan diresepkan berbagai acam obat pula, kita dapat melihat fenomena merebaknya wabah virus COVID-19 belum ditemukan obat yang paling manjur bukan? Tentu hal tersebut karena Allah SWT belum mengizinkan.

Dalam menyembuhkan penyakit pun tentu kita memiliki beberapa cara untuk Kembali sehat, mungkin secara umum kita selalu melakukan du acara untuk menyembuhkan penyakit, yaitu berdoa dan berikhtiar bukan? Ikhtiar yang dilakukan pun tentu meminum obat-obatan dari dokter, lalu disenmpurnakan dengan doa.

Sahabat Al Hilal, mungkin masih belum banyak yang menyadari bahwa salah satu obat yang paling mujarab adalah bersedekah. Apakah benar? Tentu, diriwayatkan dalam hadist yang dihasankan oleh Syaikg Al-Albani di dalam Shahih al Jami, Rasulullah SAW bersabda:

Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah

Dengan demikian, dari hadist shohih tersebut, sedekah yang dilakakukan oleh kita, hamba Allah SWT selain membuat hart akita menjadi berkah dan bermanfaat, bisa jadi sedekah yang kita keluarkan untuk membantu saudara-saudara kita pun menjadi wasilah datangnya kesembuhan dari Allah SWT atas segala penyakit yang sedang diderita.

Sahabat Al Hilal, Allah SWT tidak akan pernah memberikan suatu penyakit kepada hamba-Nya atau cobaan kepada hambanya melampaui batas hamba-Nya. Oleh karena itu sebagai manusia kita dapat berikhtiar dan tentunya dengan menumbuhkan kepercayaan dan keyakinan kepada Allah SWT bahwa sang maha pencipta akan menyembuhkan kita dari segala penyakit. Berbagilah dengan saudara-saudara kita terutama beri makanlah para fakir miskin hingga mereka merasa kenyang, menyantuni anak yatim, dan wakafkanlah Sebagian harta yang kita miliki, karena sungguh ketika kita melaksanakan sedekah maka InsyAllah akan membantu kita untuk menghilangkan berbagai macam penyakin dan berbagai macam musibah dan cobaan di hidup kita. InysaAllah.

Dikutip dari sumber dompet dhuafa, diceritakan dari kisah seorang yang bertanya kepada Abdullah Bin Mubarak rahimahullah, tentang penyakit lututnya yang telah diderita sejak tujuh tahun. Dia telah melakukan bermacam usaha untuk mengobatinya dan telah bertanya kepada para dokter, tetapi belum merasakan hasil. Maka Abdullah Bin Mubarak rahimahullah, berkata kepadanya:

Pergilah Anda mencari sumber air dan galilah sumur di situ karena orang-orang membutuh-kan air! Aku berharap ada air yang memancar di situ”.

Maka orang itu pun melakukan apa yang disarankan oleh beliau, lalu dia pun sembuh” (Shahih At-Targhib).

Sahabat Al Hilal, beberapa hikmah sedekah yang dapat kita dapatkan. Ketika kita dihapkan dengan musibah seperti diberikannya suatu penyakit, tentu itu bukanlah suatu keburukan yang kita terima, tetapi ituu adalah tanda bahwa kita sedang diberikan cobaan yang InsyaAllah kita dapat melalui. Dan InsyaAllah salah satu menyembuhkan penyakit adalah dengan bersedekah. Wallahu’alam bishawab.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *