• Apakah ada pertanyaan?
Close

Bukan Orang Arab, Inilah Muslim yang 30 Tahun Jadi Pembuat Kaligrafi di Masjid Nabawi

Potret Pembuat Kaligrafi di Masjid Nabawi
Potret Pembuat Kaligrafi di Masjid Nabawi

Laz Al Hilal, Bandung – Masjid Nabawi merupakan masjid yang dibangun Nabi Muhammad SAW di Madinah. Umat Islam yang melaksanakan umrah pastinya tak melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke masjid bersejarah itu.

Di Masjid Nabawi ini terdapat kaligrafi yang indah. Tahukah Anda, karya kaligrafi tersebut dibuat oleh siapa?

Sebagian besar kaligrafi Arab yangdapat dilihat di Masjid Nabawi, dikerjakan oleh Shafiq Uz Zaman. Dia telah bekerja sebagai ahli kaligrafi Arab selama 30 tahun terakhir di Masjid Nabawi.

Shafiq-uz-Zaman berasal dari Pakistan dan 30 tahun yang lalu, dia pindah ke Madinah, Arab Saudi, untuk mengejar pekerjaan impiannya di Masjid Nabawi.

Shafiq Uz Zaman memulai karirnya sebagai tukang listrik di sebuah toko di Riyadh, Arab Saudi 40 tahun yang lalu. Ia mengatakan kepada media bahwa hidupnya benar-benar berubah ketika ia mengikuti kompetisi bertajuk Kaligrafi Terbaik untuk Haram.

Syafiq telah memenangkan beberapa kompetisi kaligrafi sebagai seorang anak, tetapi memenangkan “Kaligrafi Terbaik untuk Haram” adalah kesempatan emas baginya, dan dia menyabet posisi pertama dalam kompetisi tersebut.

Syafiq uz Zaman lebih lanjut mengatakan bahwa orang-orang di Arab Saudi mengira dia orang Arab dan terkejut mengetahui bahwa dia adalah orang Pakistan setelah menyadari bahwa Syafiq berbicara bahasa Arab dengan sangat baik dan menulis huruf Arab dengan sangat baik.

Dia selalu menyukai kaligrafi Arab, bahkan sejak kecil. Dan kerja kerasnya akhirnya membuahkan hasil karena ia telah bekerja di Masjid Nabawi selama 30 tahun terakhir.

Shafiq uz Zaman telah mengerjakan kaligrafi di 177 kubah dan masih melakukan lebih banyak kerja lagi.

Dia mengatakan menyelesaikan Kaligrafi membutuhkan waktu berbulan-bulan, tapi dia mengaku bahwa bekerja untuk masjid Nabi SAW, telah memberinya kedamaian dan kebahagiaan. Sungguh ini merupakan pencapaian yang terhormat, dan seninya terlihat di mana-mana di Masjid Nabawi dari Kiamat hingga Tembok Madinah. Shafiq uz zaman membuat keajaiban dengan menggunakan seninya untuk Allah dan Nabi SAW.

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal