• Apakah ada pertanyaan?
Close

Benarkah Mulut Orang Yang Berpuasa Wangi Kasturi?

Benarkah Mulut Orang Yang Berpuasa Wangi Kasturi? 1

LAZ AL HILAL – Sudah mempersiapkan apa saja nih sahabat Al Hilal untuk berbuka puasa? Di Indonesia, selama delapan jam kita menahan dahaga. Di mata manusia, orang yang berpuasa memang memiliki bau yang tidak sedap. Akan tetapi, tahukah bahwa penilaian manusia tentu berbeda dengan penilaian Allah SWT? Sahabat Al Hilal, bagi Allah SWT, mulut seorang hamba yang berpuasa adalah bau yang harum.

Bahkan Rasulullah SAW pun telah menyampaikan dalam sabda-Nya, bahwa seseorang yang melaksanakan puasa bau mulutnya melebihi aroma minyak katsuri. Hal tersebut pun diungkapkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dalam HR. Muslim, Rasulullah SAW bersabda,

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوْفُ فَمِّ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ

“Demi Dzat Yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dari (harumnya) minyak misk (kasturi).” (HR. Muslim).

Sahabat Al Hilal, tentu meskipun di sisi Allah SWT bau mulut orang yang berpuasa lebih harup dari minyak kasturi, bukan berarti kita semaunya menebarkan aroma mulut kepada orang-orang disekitar ya! Ketika kita melakukan itu kepada orang-orang disekitar, tentu hal tersebut dapat mengganggu orang lain yang berada di sekitar kita bukan?

Lantas apa yang biasa dilaksanakan oleh sahabat Al Hilal lakukan demi menjaga kebersihan mulut dan menjaga aroma mulutnya tetap sehat dan segar? Tentu dengan bersiwak dan menggosok gigi bukan? Hukum bersiwak adalah sunnah (dianjurkan) pada setiap saat. Hal tersebut pun disampaikan oleh Ibunda Aisyah, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhai oleh Allah.” (HR. An-Nasa’i dan Ahmad).

Dilansir dari berbagai sumber, Al-Qadhi ‘Iyadh Rahimahullah mengatakan, “Di akhirat nanti, Allah memberikan balasan kepada orang yang berpuasa sehingga bau mulutnya lebih wangi dari minyak kasturi. Bahkan pelakunya akan mendapatkan pahala terbaik di sisi Allah, pahala yang jauh lebih berharga dari minyak kasturi.”

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Pesantren Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal