• Apakah ada pertanyaan?
Close

Apa Itu Zakat Pajak Penghasilan?

  • Home
  •  / 
  • Blog
  •  / 
  • Apa Itu Zakat Pajak Penghasilan?
Apa Itu Zakat Pajak Penghasilan? 1

LAZ AL HILAL – Zakat merupakan salah satu kewajiban seluruh umat muskim yang wajib dijalankan, dimana zakat ini menjadi bagian dari Rukun Islam. Sahabat Al Hilal, sudahkah kita membayar zakat? Dikutip dari Wikipedia, dari segi istilah zakat merupakan Sebagian harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim untuk diberikan dan disalurkan kepada saudara kita yang digolongkan berkah menerimanya seperti anak yatim, dhuafa, fakir miskin, dan lain sebagainya. Sahabat Al Hilal, banyak sekali dalil yang membahas mengenai zakat. Salah satu dalil yang membahas tentang zakat terdapat dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 177, Al-Ma’idah ayat 55, At-Taubah ayat 5 dan 34-35, Al-Mu’minun ayat 1-4, An-Naml ayat 2-3, Luqman ayat 3-4, serta Fushshilat ayat 6-7.

Mari kita lihat dalil dari QS. Al Baqarah ayat 177 yang berbunyi

اِنَّمَا وَلِيُّكُمُ اللّٰهُ وَرَسُوْلُهٗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوا الَّذِيْنَ يُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَهُمْ رَاكِعُوْنَ

“Sesungguhnya penolongmu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman, yang melaksanakan salat dan menunaikan zakat, seraya tunduk (kepada Allah).” (QS. Al Baqarah: 177)

Sahabat Al Hilal, terdapat beberapa jenis zakat yang wajib ditunaikan oleh umat muslim diantaranya yaitu:

  1. Zakat Maal

Zakat maal atau zakat harta, sahabat Al Hilal zakat maal ini pun meliputi pendapatan dan jasa, hasil pertanian, perdagangan, hasil ternak, emas dan perak. Penghitungan pengeluaran zakat maal berbeda sesuai dengan jenis penghasilan tersebut. Zakat mal ini merupakan harta yang dimiliki oleh pribadi atau badan usaha.

  • Zakat Fitrah

Nah untuk zakat yang satu ini, seluruh umat muslim wajib menunaikannya menjelang hari raya idul fitri. Adapun besaran zakat yang harus ditunaikan pun setara dengan  beras sebanyak 3,5 liter atau 2,7 kilogram.

Maka dari itu, yuk sahabat Al Hilal mari kita tunaikan zakat kita! Kita tunaikan zakat maal atau zakat penghasilan kita untuk saudara-saudara kita yang berhak menerimanya, dan jangan lupa Ketika kita menunaikan zakat pun lebih baik membayar zakat pada badan atau lembaga amil zakat yang dibentuk dan disahkan oleh Pemerintah. Sebab, bukti pembayaran zakat Anda akan tersimpan dan dapat menjadi pengurang penghasilan bruto untuk penghitungan pajak saat mengisi SPT Tahunan nanti.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telepon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ LAZ Al Hilal Copyright

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *