• Apakah ada pertanyaan?
Close

15 Pintu Setan Dalam Diri Manusia

15 Pintu Setan Dalam Diri Manusia 1

LAZ AL HILAL – Selamat pagi sahabat Al Hilal! Manusia perupakan makhluk Allah SWT yang paling manusia. Di dalam tubuh manusia terdapatt gumpalan darah yang jika dalam gumpalan darah tersebut baik maka seluruh tubuh menjadi baik. Ya, itu adalah “Hati”. Hati manusia bagaikan sebuah benteng yang, sedangkan setan merupakan musuh yang paling jahat, musuh yang selalu mengintai untuk benteng tersebut, yaitu hati.

Sahabat Al Hilal, mungkin kita sebagai manusia biasa tidak selamanya dapat menjaga benteng itu, mungkin kita sebagai manusia tidak bisa menjaga benteng itu jika bukan kita sendiri yang melindungu atau menjaga pintu-pintu masuknya setan ke dalam benteng tersebut, yaitu hati.

Sungguh, bukankah kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang membuat setan lengah? Kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja hal yang dapat membuat setan dapat menguasai benteng tersebut, bukan? Maka dari itu, kita sebagai manusia perlu memiliki kemampuan untuk menjaga pintu tersebut, kita sebagai pemilik benteng tersebut harus dapat mengendalikan diri, bukan malah setan yang mengendalikan kita. Kita harus menjaga pintu tersebut agar setan tidak dapat menggoyahkan benteng kita, kita harus mengetahui cara apa saja yang membuat setan bisa masuk lewat pintu-pintu yang biasa dijadikan jalan oleh setan untuk menguasasi benteng tersebut.

Melindungi hati dari gangguan setan adalah wajib, maka dari itu kita perlu untuk mengetahui pintu mana saja yang dijadikan jalan atau celah untuk setan menguasai hati manusia. Sahabat Al Hilal, pintu tempat masuknya setan adalah semua sifat manusia, dan tentu sifat yang dijadikan celah oleh setan adalah sifat yang tercela, sifat yang tidak baik, sifat yang kita kerjakan padahal Allah SWT teramat membenci sifat tersebut. semakin banyak sifat tersebut ada dalam diri kita, maka semakin banyak pula celah pintu yang akan dimasuki oleh setan.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah pintu-pintu untuk setan dapat menggoyahkan benteng hati kita dan masuk kedalam diri kita:

  1. Marah
  2. Cinta dunia
  3. Enggan menghadiri Majelis Ilmu
  4. Panjang angan-angan
  5. Rakus
  6. Bakhil
  7. Suka pujian
  8. Ria
  9. Mengagumi diri sendiri
  10. Takut dan gelisah
  11. Buruk sangka
  12. Memandang rendah orang lain
  13. Suka pada dosa
  14. Merasa aman dari pembalasan Allah SWT
  15. Putus asa dari rahmat Allah SWT

Naudzubillahimindzalik…

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Pesantren Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal