• Apakah ada pertanyaan?
Close

Hati-Hati, Sifat Ini dapat Menggugurkan Pahala!

Hati-Hati, Sifat Ini dapat Menggugurkan Pahala! 1

LAZ AL HILAL – Sudah tentu, sebagai manusia kita pasti menginginkan untuk memperlihatkan sifat-sifat yang terbaik kepada semua orang. Riya. Secara bahasa merupakan pernyataan sesuatu yang tidak sesuai dengan sebenarnya. Dilansir dari kumparan, Ahli Tasawuf Muhammad Al-Barkawi mengatakan bahwa riya merupakan sifat yang lebih mencari manfaat duniawi dengan cara menampilkan amal ukhrawi (akhirat) serta segala hal yang mencerminkan amal tersebut dan penampilan itu sengaja dilakukan agar dilihat dan dipuji oleh orang lain.

Sahabat Al Hilal, Rasulullah SAW menyebut riya sebagai syirik kecil. Mengapa demikian? Dikatakan syirik karena sifat tersebut sudah menyekutukan Allah SWt dengan nafsu diri dan nafsu dunia terhadap orang lain. Sahabat Al Hilal, sebuah amalan yang dihinggapi rasa riya seringkali mempertimbangkan bagaimana orang lain memberi respons terhadap apa yang telah kita laksanakan, bukan ikhlas karena Allah lillahi ta’ala.

Tapi, tahukah sahabat Al Hilal jika sifat riya merupakan salah satu sifat yang membatalkan amalan kita atau menghilangkan amal kebaikan kita? Hal tersebut dikarenakan karena niat yang kita lakukan bukan karena Allah SWT, melainkan untuk pendapatkan pujian manusia, menyakiti hati orang lain, atau bahkan membuat hal hak sudah dikerjakan menjadi sesuatu yang dibangga-banggakan.

Sungguh Allah SWT telah menyampaikan firman-Nya dalam QS. Al Ma’un ayat 1-7 yang berbunyi

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ (1) فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ (2) وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ (3) فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ (4) الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ (5) الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ (6) وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ (7)

Tahukah kamu (orang) yang mendustakan hari pembalasan? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. Orang-orang yang berbuat riya’ dan enggan (menolong dengan) barang berguna.” (QS. Al Ma’un: 1-7).

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal