• Apakah ada pertanyaan?
Close

Sebentar Lagi! Inilah Amalan di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

MasyaAllah, bulan terakhir dalam kalender Islam semakin mendekat sahabat Al Hilal! Bulan Dzulhijjah, bulan ke-12 dalam tahun Islam dan bertepatan saat Idul Adha, pelaksanaan Ibadah Qurban dan Haji berlangsung.

Tahukah sahabat Al Hilal bahwa 10 hari pertama dalam bulan Dzulhijjah lebih baik daripada semua hari lainnya dalam setahun?

Hal tersebut pun telah dijelaskan dalam firman Allah SWT di dalam QS Al Baqarah ayat 203 dan telah dipercayai oleh banyak ulama bahwa ayat ini secara khusus berhubungan dengan 10 hari pertama di Bulan Dzulhijjah, yang artinya:

“Dan berzikirlah kepada Allah pada hari yang telah ditentukan jumlahnya”

Lantas, amalan apa saja yang dapat kita laksanakan untuk kmenyambut 10 Hari pertama di bulan Dzulhijjah?

Dilansir dari laman Republika inilah beberapa Ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Islam:

  1. Shalat

Sahabat Al Hilal, Shalat dianggap sebagai salah satu Ibadah yang besar dalam Islam. Betapa tidak, kita sebagai umat Muslim sangat diwajibkan untuk melaksanakan Ibadah tersebut.

“Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk” (QS Al Baqarah ayat 43).

  • Puasa Sembilan hari pertama

Tahukah sahabat Al Hilal, bahwa Rasulullah SAW senantiasa melaksanakan Ibadah puasa Sembilan hari pertama di bulan Dzulhijjah?

Maka dari itu, kita sebagai umat Muslim dianjurkan untuk mengikutinya. Tetapi jangan lupa, Umat ​​Islam tidak boleh berpuasa pada hari ke-10, yaitu hari ketika perayaan Idul Adha dimulai.

  • Puasa Arafah

Puasa Arafah yang dilaksanakan pada hari ke-9 Dzulhijjah merupakan salah satu anjuran untuk umat Muslim laksanakan.

Betapa tidak, jika seseorang tidak mampu untuk berpuasa selama sembilan hari, ia dapat berpuasa setidaknya pada hari ke-9 Dzulhijjah. Bahkan, diriwayatkan dalam HR. Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas” (HR. Muslim).

  • Berbuat baik

Sahabat Al Hilal, tentu sebagai umat Muslim, maka kita dianjurkan untuk senantiasa melaksanakan Ibadah dan kebaikan. Seperti mengingat Allah SWT, membaca Al Quran, berdoa, bersedekah, dan melaksanakan perbuatan baik yang lainnya.

  • Dianjurkan untuk tidak memotong apapun hingga Ibadah Qurban terlaksana

Bulan Dzulhijjah, bulan dimana Ibadah Qurban itu dilaksanakan. Allah SWT mewajibkan kepada setiap Muslim yang mampu untuk melaksanakan Qurban untuk mengorbankan seekor hewan Qurban dan membagikan daging sembelihnya kepada fakir miskin, anak yatim, dan keluarga Dhuafa yang membutuhkan.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh HR. Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa saja yang memiliki hewan untuk dijadikan hewan kurban, maka ketika sudah tiba bulan Dzulhijjah tidak boleh memotong apa pun dari rambut dan kukunya sampai (selesai) menyembelih” (HR. Muslim).

Apakah sahabat Al Hilal siap untuk melaksanakan Berbagai Amalan Tersebut?

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal