• Apakah ada pertanyaan?
Close

Raih Ketenangan Dengan “Alhamdulillah”

alhamdulillah

Mengucapkan kalimat “Alhamdulillah” ketika mendapatkan suatu kabar baik atau ketika mendapatkan nikmat adalah suatu anjuran.

Ketika kita mengucapkan kalimat tersebut, menunjukkan bahwa kita bersyukur atas segala nikmat, rizki, dan kabar baik yang kita terima, kepada Allah SWT.

Ucapan syukur ini bukan hanya sekadar sebuah ungkapan, namun banyak manfaat di dalamnya yang bisa kita rasakan sebagai umat Islam. Bahkan dalam ayat Al-Qur’an QS. Ibrahim ayat 7 Allah SWT juga telah berfirman yang artinya,

“Dan jika kalian manusia mau bersyukur atas nikmat yang telah aku berikan kepada kalian maka niscaya aku akan menambah nikmat yang telah aku berikan kepada kalian, dan jika kalian kufur (tidak mau bersyukur) maka ketahuilah niscaya siksa ku itu pedih.”

(Q.S. Ibrahim: 7)

Selain janji yang Allah SWT sampaikan dalam ayat tersebut, ucapan “Alhamdulillah” pun memiliki beberapa manfaat lainnya.

Berikut ini, merdeka.com rangkum dari beberapa sumber, manfaat ucapan hamdalah dalam hidup seorang muslim. Salah satu manfaat ketika kita mengucapkan “Alhamdulillah” adalah sebaik-baiknya perkataan yang Allah SWT pilihkan untuk hamba-Nya.

Bahkan hal tersebut pun diriwayatkan dalam sebuah HR. Ahmadh. Dalam hadist tersebut, Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah memilih empat perkataan, yaitu subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha ilallah, dan allahu akbar. Barangsiapa mengucapkan “Subhanallah” maka akan dituliskan untuknya dua puluh kebaikan dan dihapuskan darinya dua puluh kesalahan. Barangsiapa mengucapkan “Allahu Akbar” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Barangsiapa mengucapkan “Laa ilaaha illallah” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Dan barangsiapa mengucapkan “Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin” dari dalam hatinya, maka akan dituliskan untuknya tiga puluh kebaikan dan dihapuskan darinya tiga puluh kesalahan.”

(HR. Ahmad)

Sahabat Al Hilal, ketika kita mengucapkan alhamdulillah dengan ikhlas karena Allah SWT, berarti orang tersebut telah memuji Allah SWT.

Dan Allah SWT pun akan memberikan pahala kepada orang tersebut. Jika orang tersebut mengucapkan alhamdulilah yang kedua kali, maka Allah SWT akan menambah lagi pahala baru untuk orang tersebut.

Sering kita rasakan, ketika mengucapkan “Alhamdulillah” maka ketenangan pun menghampiri kita. Mengapa demikian? Karena dengan mengucapkan kalimat hamdalah, hati kita akan qana’ah (menerima dengan lapang dada) atas apa yang diberikan Allah SWT kepada kita.

Pikiran kita akan selalu positif dengan setiap ketentuan dan takdir yang telah Allah SWT tetapkan.

Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhu ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,

“Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah.”

(HR. Hasan)

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal