• Apakah ada pertanyaan?
Close

Program Rutin Al Hilal “Sedekah Air Untuk Ummat”

Laz Al Hilal, Bandung – Sudah beberapa bulan ini Al Hilal melakukan program rutin “Sedekah Air Untuk Ummat” program ini di mulai pada bulan (29/09) yang berlokasi di dekat Masjid Marwah (Pesantren Al Hilal) dan sampai saat ini program ini masih berjalan dengan lancar, rutin di setiap harinya.

Program ini menulai respon positif dari warga setempat, banyak warga yang merasa terbantu dengan adanya program ini karena pada hakikatnya bahwa air adalah sumber kebutuhan utama manusia, bukan hanya manusia saja namun hewan, tumbuhan juga membutuhkan air.

“Alhamdulillah dengan adanya program ini air tidak sulit di akses kembali karena air sangat mudah di dapatkan, saya berharap program ini akan terus berjalan seterusnya” Ucap salah satu warga

Demikian pentingnya air bagi kehidupan, sehingga memberikan atau membantu akses air kepada mahluk hidup yang membutuhkan air sama saja dengan memberikan kehidupan kepadanya. Tentu kita masih ingat ada hadits yang menyebutkan ada seseorang masuk surga karena menolong anjing yang kehausan di tengah gurun pasir. Surga, itulah balasan orang yang membantu memberikan kehidupan pada mahluk lain meski hanya seekor anjing.

Sedekah air yakni dua kata yang memiliki pengaruh besar bagi kehidupan manusia yakni sedekah dan air. Sedekah merupakan pemberian seorang muslima kepada orang lain secara sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu dan bentuknya bisa berupa materi jg non materi. Sedangkan air merupakan senyawa yang mendominasi tubuh mahluk hidup.

Dalam suatu hadits disebutkan, Saad bin Ubadah RA bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air.” (HR. Abu Daud). Rasulullah amat menganjurkan sedekah air karena peranan penting dari air. Adanya air InsyaAllah akan adanya kehidupan dan sebaliknya.

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal