• Apakah ada pertanyaan?
Close

Mengenal Turunnya Al Quran Dalam Momentum Nuzulul Quran

LAZ AL HILAL – Bulan Ramadhan yang sedang kita jalani merupakan bulan yang teramat istimewa. Betapa tidak, di bulan ini pula Al Quran yang diturunkan kepada Rasulullah SAW sebagai mukjizat hadir di dunia. Tahukah sahabat Al Hilal, Ramadhan pun disebut dengan Syahrul Quran? Berbagai acara yang dilaksanakan oleh masyarakat di Indonesia hadir untuk memperingati turunnya Al Quran di muka bumi.

Terlepas dari acara yang dilaksanakan oleh masyarakat untuk memperingati turunnya Al Quran, yang terpenting bagi kita adalah bagaimana dapat memahami secara umum tentang proses turunnya Al Quran bagi umat muslim, agar ilmu yang kita dapatkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Berbicara tentang turunnya Al Quran ke muka bumi untuk ummat Islam pun telah Allah SWT jelaskan dalam firman-Nya. Terdapat beberapa ayat yang saling berkaitan dan menjelaskan turunnya Al Quran. Salah satunya yaitu QS. Al Baqarah ayat 185,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Al-Baqarah:185).

Lantas, kapan Al Quran diturunkan ke Dunia?

Di Indonesia, pada umumnya peringatan Nuzulul Quran diperingati setiap malam ke 17 Ramadhan. Tetapi, jika kita lihat sejarahnya, Al Quran diturunkan pada bulan Ramadhan di hari Senin? Mangapa demikian? Para ulama menyebutkan, bahwa diutusnya Nabi Muhammad SAW adalah pada hari Senin dan pada hari itu pula wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pun ada pada hari Senin.

Diriwayatkan dalam Hadist Muslim, Rasulullah SAW bersabda

“Itu adalah hari dimana aku dilahirkan dan hari dimana aku diutus atau diturunkan (wahyu) atasku.” (HR. Muslim).

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal