• Apakah ada pertanyaan?
Close

Lima Tingkatan Pahala Sedekah

Lima Tingkatan Pahala Sedekah 1

LAZ AL HILAL – Ketika kita bersedekah, maka kita sedang menabung pahala jariyah yang amalnya tidak akan putus hingga akhirat kelat. Aamiin. InsyaAllah. Sahabat Al Hilal, dikutip dari Syaikh Nawawi Banten dalam Nashailul Ibad disebutkan bahwa pahala sedekah itu bertingkat-tingkat. Di dalamnya beliau menuliskan bahwa terdapat lima tingkat pahala sedekah.

Dilansir dari sumber tersebut,

Pahala tingkat pertama merupakan sedekah yang akan diganti dengan sepuluh kebaikah. Dan disinilah sedekahh yang diberikan untuk orang yang sehat secara fisik.

Pahala tingkat ke-dua merupakan sedekah yang Allah SWT akan menggantikannya denga 90 kebaikan. Apakah itu? Yakni sedekah yang diberikan kepada orang buta dan tertimpa musibah. Diriwayatkan dalam hadits Qudsi, Rasulullah SAW bersabda “Jika Aku mengambil penglihatan hamba-Ku, maka tidak ada balasan yang lebih pantas kecuali surga.” (HR. Bukhari).

Melihat dari hadits diatas, tentu menyisihkan rezeki untuk bersedekah kepada orang buta juga berpahala besar. Karena sungguh hal tersebut merupakan salah satu kebaikan, yaitu memberi kemudahan kepada orang yang kesulitan.

Pahala tingkat ke-tiga merupakan sedekah yang akan digantikan oleh Allah SWT sebanyak 900 kebaikan. Sedekah apakah itu? yakni sedekah yang diberikan kepada kerabat dan saudara yang membutuhkan. Diriwayatkan dalam hadist Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda “Sedekah kepada orang miskin hanya mendapatkan pahala sedekah saja, sedang sedekah kepada sanak kerabat mengandung dua keutamaan, yaitu sedekah dan menyambung tali kekerabatan.” (HR. Tirmidzi)

Pahala tingkat ke-empat merupakan sedekah yang akan digantikan oleh Allah SWT sebanyak 100.000 kebaikan, yakni sedekah kepada orang tua. Masya’Allah, sungguh besar kemuliaan yang Allah SWT berikan ketika kita sebagai seorang anak memuliakan orang tua.

Bahkan Allah SWT telah berfirman dalam QS. Lukman ayat 14 yang artinya

Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.” (QS. Lukman: 14).

Pahala tinglat ke-lima merupakan sedekah yang akan digantikan oleh Allah SWT sebanyak 900.000 kebaikan. Apakah sedekah yang membuat Allah SWT menggantikan sebanyak Sembilan ratus ribu kebaikan? Yakni sedekah kepada ulama, atau ‘Alim atau ahli ilmu, atau ahli Fiqh.

Masya’Allah…

Dengan berbagi, kamu tak akan pernah kekurangan. Dan saat yang tepat untuk berbagi adalah disaat kamu dalam kekurangan.”

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal