• Apakah ada pertanyaan?
Close

Lebih Baik Diam

Lebih Baik Diam 1

LAZ AL HILAL – Lebih baik diam? Apa maknanya? Ketika kita mendengar kalimat ini, tentu dibenak kita langsung berfikir tentang keikhlasan dan kesabaran. Lalu, apakah sabar itu? Sabar merupakan suatu sikap dimana kita sebagai manusia memiliki rasa untuk menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Apakah kita telah memiliki sifat tersebut? Sahabat Al Hilal, Semakin tinggi kesabaran yang kita miliki maka InsyaAllah semakin kokoh juga ia dalam menghadapi segala macam masalah yang terjadi dalam kehidupan. Kesabaran pun sering dikaitkan dengan tingkah laku positif yang ditonjolkan oleh individu atau seseorang.

Tetapi, apakah sabar ada batasnya? Sungguh, kita sebagai manusia pun pasti memiliki batas kesabaran pula bukan? Sahabat Al Hilal, sebenarnya sabar tidak memiliki Batasan, tapi manusia lah yang membuat Batasan-batasan kesabaran dalam dirinya. Namun, terkadang hanyalah diam yang akan menjadi Tindakan terbaik yang dapat kita lakukan ketika kita butuh sabar. Tetapi, diam seperti apa yang dimaksud? Diam yang dimaksud bukanlah diam yang tanpa Tindakan, bukanlah diam yang mematung, dan bukanlah diam tanpa solusi. Diam yang dimaksud adalah sebagai jeda untuk kita merehatkan diri dari berbagai masalah yang kita hadapi, kemudian dari sikap diam tersebutkan kita memikirkan bagaimana cara untuk menghadapi masalah yang kita miliki.

Sungguh berbagai macam hal yang positif yang dapat kita rasakan ketika kita memilih diam dibandingkan berkoar-koar tanpa solusi. Seperti,

Kesabaran Mengajarkan Kita Untuk Lebih Tenang Dalam Menyelesaikan Segala Masalah

Tenang Dalam Diam” tentu kalimat ini sering kita dengar dan kita baca bukan? Tenang dalam diam, menurut saya adalah salah satu cara untuk menyelesaikan masalah. Mengapa demikian? Terkadang ketika kita tidak perlu menjadi seseorang yang terlalu berkoar-koar dalam menyelesaikan masalah. Cukup diam, pikirkan apa yang akan kita lakukan, tentu pikirkan juga hal-hal yang lebih positif untuk memecahkan masalah yang sedang kita hadapi. Dalam diam pun kita bisa merenungkan apa sebenarnya yang telah terjadi. Diam bukanlah tanda jika kita sedang menyerah bukan? Sahabat Al Hilal, lebih baik diam, jika diam itu membuat kita menang.

Jangan pernah lupa, bahwa Allah SWT pun berarti percaya bahwa kita kuat. Segala sesuatu yang terjadi termasuk masalah yang terjadi tentunya atas kehendak-Nya bukan? Tidak ada satu pun musibah dan masalah yang terjadi pada diri kita kecuali atas izin dari-Nya, Allah SWT sang pencipta alam semesta.

Seorang ulama, aktivis dan sastrawan Indonesia, Buya Hamka berkata

Cinta itu perang, yakni perang yang hebat dalam rohani manusia. Jika ia menang, akan didapati orang yang tulus ikhlas, luas pikiran, sabar dan tenang hati. Jika ia kalah, akan didapati orang yang putus asa, sesat, lemah hati, kecil perasaan dan bahkan kadang-kadang hilang kepercayaan pada diri sendiri

-Buya Hamka, 1908-1981-

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *