• Apakah ada pertanyaan?
Close

KEGIATAN YANG SUDAH DILAKUKAN LAZ AL HILAL SELAMA 3 BULAN TERAKHIR MENGHADAPI EFEK COVID-19

  • Home
  •  / 
  • Berita
  •  / 
  • KEGIATAN YANG SUDAH DILAKUKAN LAZ AL HILAL SELAMA 3 BULAN TERAKHIR MENGHADAPI EFEK COVID-19
LAZ AL HILAL

Dalam upaya meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid, selama 2 bulan terakhir ini Al Hilal terus berikhtiar memberikan bantuan pada masyarakat yang terdampak wabah, bantuan tersebut berupa:

  1. Setiap hari nya mengasuh 80 anak yatim & 300 santri tahfidz

Banyaknya warga Indonesia yang beragama Islam menjadikan pembangunan pesantren berkembang pesat. Bahkan banyak pesantren yang menggratiskan para santrinya untuk mondok dan menimba ilmu di sana. Salah satunya adalah Pesantren yatim dan tahfidz Al Hilal. Di ponpes ini, para santri belajar dan di didik untuk menjadi penghafal Al Quran. Pesantren yang berlokasi di belakang Pasar Rancapanggung, Desa Rancapanggung Kecamatan Cililin, Waduk, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini berdiri sejak tahun 2002. Mewujudkan misi hidup mencerdaskan kehidupan bangsa, mencetak generasi penghafal Quran yang menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup mereka, membaca, menghafal dan memamahinya dengan benar dan baik memang membutuhkan program strategis. Namun demikian ada sisi yang Al Hilal harus selalu siap hadir untuk memberikan yang terbaik untuk anak didik nya dengan menerus membiayai 80 anak yatim & 300 santri tahfidz.

2. Membagikan 5.000 botol Sabun Cuci Tangan

Dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 Al Hilal membagikan 5000 botol sabun cuci tangan untuk masyarakat seperti ojol dan warga, pembagian dilakukakn di lokasi-lokasi tertentu seperti di kantor Laz Al Hilal, masjid dan mushola di sekitar Bandung Raya, warga di sekitar pesantren Al Hilal 1, 2, dan 3 juga pembagian sabun oleh komunitas dan Relawan Al Hilal di masing-masing daerah tempat tinggal nya seperti di Garut, Karawang dan daerah lain. Tujuan pembagian sabun cuci tangan ini adalah agar masyarakat lebih menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran virus. Sebelum mengambil sabun cuci tangan semua warga di wajibkan mencuci tangan terlebih dahulu. Lalu di persilahkan mengambil satu persatu supaya tidak berkerumunan.

3. Pembagian 5.000 Hand Sanitizer

Pembagian Hand sanitizer juga dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19. Hand Sanitizer yang di bagikan, sebagian di buat sendiri dengan bantuan relawan dari Hilal Leadership Community pembagian di lakukan di beberapa tempat seperti di kantor Laz Al Hilal, serta di pesantren Al Hilal 1,2 dan 3. Sasaran penerima Hand Sanitizer ini adalah masjid, mushola, warga sekitar pesantren Al Hilal dan ojek online. Sebelum mengambil Hand sanitizer semua warga juga di haruskan mencuci tangan terlebih dahulu. Lalu di persilahkan mengambil satu persatu supaya tidak berkerumunan.

4. Penyebaran 40.000 Wakaf Al Quran

Pembagian Al Qur’an untuk pulau sumatera sudah selesai dilaksanakan dan sudah diterima oleh tpa, tpq, rumah tahfidz, pesantren, masjid, mushola dll, mulai dari Lampung sampai ke Aceh. Salah satu pesantren yang menerima wakaf Quran dari LAZ Al Hilal adala pondok pesantren putri Al Abrar Kampar Riau. Pengiriman Al Quran di salurkan per kloter via cargo ke tiap-tiap daerah di Sumatera dan alhamdulillah pengiriman kloter 1/periode pertama sudah sampai tujuan masing-masing pada tanggal 1 Mei 2020 ke 21 lembaga, disusul dengan pengriman kloter selanjutnya. Total lembaga di Pulau Sumatera yang lolos verifikasi dan akan di beri Quran Wakaf yaitu 206 lembaga.

5. Pembagian 300 Lebih Paket Sembako

Laz Al Hilal menyalurkan berupa bantuan sembako atau bendawi untuk anak yatim dan Guru Ngaji. Pada Minggu, 10 Mei 2020 di daerah Jambudipa Cisarua Parompong, Bandung. Salah satu anak yatim yang menerima bantuan sembako dari laz adalah Irfan. Laki-laki yang berusia 12 tahun yang tinggal hanya berdua bersama sang ibu (Wati). Mereka hanya berdiam di rumah saja di karenakan terhambat oleh adanya wabah virus covid-19. Pembagian sembako juga di berikan untuk petugas kebersihan, orang tua santri dan guru Ngaji di sekitar Bandung Raya.

6. Pembagian 8000 Masker

Pembagian masker di lakukan di 3 pondok pesantren dan Kantor Al Hilal. Masker yang di bagikan di peruntukan kepada ojek online dan santri Al Hilal di 3 pondok. Seperti biasa sebelum mengambil masker semua santri dan ojol di wajibkan mencuci tangan terlebih dahulu. Lalu di persilahkan mengambil satu persatu supaya tidak berkerumunan setelah itu di persilahkan pulang.

7. Berbagi 1.300 Nasi Kotak

Laz Al Hilal membagikan ribuan nasi kota untuk masyarakat yang terdampak covid di titik-tertentu di Bandung Raya, di kantor dan juga di Pesantren Pesantren Al Hilal 2 Cibiru. Dengan pembagian Nasi Kotak ini semoga bisa membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid.

8. Berbagi 1.800 Paket Buka Puasa

Al Hilal juga memberikan paket berbuka puasa untuk warga yang membutuhkan dan kepada santri yatim dan tahfidz pesantren Al Hilal 1 Cililin, pesantren Al Hilal 2 Cibiru dan pesantren Al Hilal 3 Gegerkalong. Pembagian nasi kotak di lakukan setiap hari untuk berbuka bersama.

9. Pembagian Paket Beras 15 Ton

Laz Al Hilal kini sudah membagikan 2 ton beras yang di bagi di masing-masing pesantren Al Hilal dan juga kantor Al Hilal Program yang sedang di kerjakan LAZ Al Hilal saat ini adalah pembagian 15.000 kg Beras Untuk Anak Yatim Dan Guru Ngaji di daerah-daerah pelosok. Pembagian beras di lakukan untuk mebantu guru ngaji dan anak yatim. Rata-rata orang terdampak virus covid-19 ini bukan hanya pada orang nya, tapi juga pekerjaan nya. Sebagian dari mereka dirumahkan dan tidak mendapatkan penghasilan. Merebaknya wabah virus ini begitu sangat berpengaruh dan menjadi pukulan keras untuk guru ngaji yang tidak bisa mengajar lagi karna murid yang di liburkan. Program sedekah beras ini akan terus berjalan di bulan Syawal ini.

Program ke-dua yang sedang berjalan dan akan di selenggarakan insyaAllah pada bulan ini adalah Pembagian 25RB/Kg beras untuk anak yatim & guru Ngaji.

Dalam rangka membantu sesama, LAZ Al Hilal memiliki salah satu program sosial yaitu membagikan bantuan berupa beras kepada guru ngaji dan anak yatim.  Dengan adanya program ini semoga bisa sedikit meringankan beban anak yatim dan guru ngaji. LAZ Al Hilal kini sudah membagikan 25 ton beras yang di bagi di masing-masing pesantren dan juga kantor Al Hilal.

Program yang sedang di kerjakan LAZ Al Hilal saat ini adalah pembagian 15.000 kg  Beras Untuk Anak Yatim dan Guru Ngaji di daerah-daerah pelosok. Pembagian beras di lakukan untuk mebantu guru ngaji dan anak yatim. Rata-rata orang terdampak virus covid-19 ini bukan hanya pada orang nya, tapi juga pekerjaan nya. Sebagian dari mereka dirumahkan dan tidak mendapatkan penghasilan. Merebaknya wabah virus ini begitu sangat berpengaruh dan menjadi pukulan keras untuk guru ngaji yang tidak bisa mengajar lagi karna murid yang di liburkan. Program sedekah beras ini akan terus berjalan untuk membantu meringankan beban gur ngaji dan anak yatim yang terdampak  covid-19.

InsyaAllah program ini akan terus berlangsung sampai wabah virus Corona-19 ini hilang dan keadaan kembali membaik. LAZ Al Hilal akan berupaya semaksimal mungkin membantu masyarakat terdampak terutama anak yatim dan (guru ngaji, manusia luar biasa yang mengajarkan kita ilmu agama untuk bekal di akhirat kelak masyaAllah) semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan kemudahan rezeki kepada kita semua dimanapun berada aamiin ya Rabbal’alamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *