• Apakah ada pertanyaan?
Close

Jika Berdosa Kepada Sesama

Jika Berdosa Kepada Sesama 1

LAZ AL HILAL – Dosa kepada sesama manusia lebih berat loh daripada dosa kepada Allah SWT sang maha pemaaf. Mengapa demikian? Karena belum tentu semudah menghapus dosa kepada Allah SWT dengan beristighfar, siapa yang tahu isi manusia apakah orang yang disakiti oleh kita sudah memaafkan atau belum memaafkan.

Sahabat Al Hilal, bahkan Rasulullah SAW pun bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari, beliau bersabda

“Barangsiapa yang mempunyai kezhaliman kepada saudaranya mengenai hartanya atau kehormatannya, maka diminta dihalalkanlah kepadanya dari dosanya itu sebelum datang hari di mana nanti tidak ada dinar dan dirham (hari kiamat), di mana akan diambil dari pahala amal kebaikannya untuk membayarnya. Kalau sudah tak ada lagi amal kebaikannya, maka akan diambil dari dosa orang yang teraniaya itu, lalu dipikulkan kepada orang yang menganiaya itu.” (HR Bukhari)

Tentu, ketika kita memiliki dosa kepada manusia, seperti dosa yang paling sulit untuk disembuhkan. Sahabat Al Hilal, dilansir dari berbagai sumberm dosa-dosa yang berkaitan dengan manusia tidak akan cukup jika hanya bertaubat kepada Allah SWT tetapi kita sebagai manusia haru meminta maaf dan keikhlasan dari orang yang pernah kita sakiti.

Jika diibaratkan sama seperti Begitu pula yang berkaitan dengan urusan harta benda, tidak cukup dengan sekedar taubat, tapi mesti harus mengembalikan harta yang pernah dicuri ataupun hutang. Kalau tidak mampu mengembalikan, akuilah perbuatan itu kepada orang yang bersangkutan dan mintalah maaf dan keikhlasannya.

Sungguh, sebagai manusia yang penuh dengan kekhilafan kita dapat terbebas dari dosa tersebut setelah mendapatkan maaf dari orang yang kita sakiti. Bahkan Allah SWT pun tidak akan memaafkan seseorang atas kesalahan yang pernah diperbuatnya dengan sesama manusia sebelum diantara mereka sendiri dapat saling memaafkan. Wallahu’alam bishawab.

Bukankah sangat mulia apabila kita menjadi manusia yang pemaaf?

Dalam QS. An-Nur ayat 22 pun Allah SWT berfirman,

“Hendaklah mereka memberi maaf dan melapangkan dada, tidakkah kamu ingin diampuni oleh Allah?” (QS. An-Nur:22)

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal