• Apakah ada pertanyaan?
Close

Harta Banyak Tapi Cepat Habis, Mengapa?

Harta Banyak Tapi Cepat Habis, Mengapa? 1

LAZISWAF AL HILAL – Harta adalah sebuah titipin untuk manusia dari Allah SWT, sudahkah kita menjemput hart aitu? Ataukah kita telah menerima harta itu? Apakah harta yang kita terima berasal dari cara yang halal dan berkah? Sahabat Al Hilalbetapa banyak orang yang dahulunya tidak perdulu dengan atau halal dan haramnya harta yang didapatkan, ketika orang itu hijrah dan bertaubat, seorang yang telah bertaubat pun berkata,

“Dulu harta saya banyak, tapi cepat juga habisnya entah ke mana, tanpa saya sadari. Siang-malam saya lembur mencari harta yang banyak, tapi harta itu lenyap dengan cepat. Yang paling miris, saya tidak bahagia dengan harta tersebut. Sekarang setelah hijrah, saya mencari harta yang halal, harta saya cukup untuk hidup dan saya merasakan kebahagiaan.”

Karena sungguh, hendaknya harta yang kita dapatkan harus menjadi ladang pahala pula untuk diri kita, tidak hanya kesenangan di dunia, melainkan harus menjadi bekal kita di Akhirat kelak. Bukan kah harta yang kita miliki hanyalah titipan dari Allah SWT? Di akhir zaman ini, sungguh manusia yang ada di muka bumi terkadang tak peduli dengam halal dan haramnya harta yang dia dapatkan. Sebagaimana yang telah Rasulullah SAW sampaikan dan diriwayatkan dalam HR. Bukhari.

لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لَا يُبَالِي الْمَرْءُ بِمَا أَخَذَ الْمَالَ أَمِنْ حَلَالٍ أَمْ مِنْ حَرَامٍ

“Akan datang suatu masa pada umat manusia, mereka tidak lagi peduli dengan cara untuk mendapatkan harta, apakah melalui cara yang halal ataukah dengan cara yang haram.” (HR. Bukhari)

Harta yang kita miliki di dunia tak akan sebanding dengan balasan Allah SWT di akhirat kelak. Maka dari itu, yang perlu kita cari dari rezeki yang kita miliki bukan hanya dari jumlahnya semata, melainkah dari keberkahan atas rezeki tersebut. Dengan harta yang berkah, hidup kita jadi mudah dan dimudahkan dalam menghadapi berbagai ujian kehidupan. Bagaimana keberkahan itu di dapatkan?

Allah SWT telah menurunkan kepada kita, dalam firman-Nya di QS. Al Araf ayat 96, Allah SWT berfirman.

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“Andaikata penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka keberkahan dari langit dan bumi. Tetapi, mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. Al-A’raf: 96)

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Pesantren Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal