• Apakah ada pertanyaan?
Close

Empat Makna Zakat

Empat Makna Zakat 1

LAZISWAF AL HILAL – Zakat merupakan salah satu rukun Islam. Seperti yang kita ketahui, zakat diisyarakan kepada umat muslim dengan cara mengeluarkan sejumlah harta yang dimiliki, dan tentu, ada nisab terkait harta yang dikeluarkan untuk zakat. Sahabat Al Hilal, tujuan dari zakat pun telah disampaikan oleh Allah SWT melalui firman-Nya dalam QS. At-Taubah ayat 103, yang berbunyi.

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS At Taubah: 103).

Dalam ayat tersebut disebutkan, tujuan dari zakat adalah untuk membersihkan dan mensucikan diri kita. Tetapi, apakah sahabat Al Hilal mengetahui makna dari zakat itu sendiri? Dilansir dari berbagai sumber salah satunya Buku Fiqih Zakat, Sedekah, dan Wakaf , zakat memiliki beragam makna, diantaranya adalah:

  1. At Tahuru

Artinya membersihkan atau mensucikan. Sahabat Al Hilal, menurut Abu Hasan Al Wahidi, orang yang selalu menunaikan zakat karna Allah SWT dan bukan untuk manusia, maka zakat yang akan ia keluarkan akan disucikan dan dibersihkan oleh Allah SWT baik itu hartanya maupun jiwanya.

  • Al Baraktu

Berkah. Orang yang selalu membayar zakat, maka InsyaAllah hartanya akan melimpah akan keberkahan. Hal ini dikarenakan keberkahan hidup dari harta yang digunakan adalah harta yang bersih dan sudah dibersihkan dari kotoran lewat zakat.

  • An Numuw

Tumbuh dan berkembang. Makna ini menunjukkan bahwa orang yang selalu membayar zakat, maka InsyaAllah hartanya senantiasa akan tumbuh dan berkembang, seperti yang telah disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadist.

“Sesungguhnya harta yang dikeluarkan zakatnya tidaklah berkurang, melainkan bertambah dan bertambah.”

  • As Shalalhu

InsyaAllah, orang yang selalu menunaikan zakat, maka harta yang ia miliki akan semakin baik, tidak bermasalah dan InsyaAllah akan terhindar dari masalah.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal