• Apakah ada pertanyaan?
Close

Puasa Ramadhan Semakin Dekat, Sudahkah Membayar Qadha?

Puasa Ramadhan Semakin Dekat, Sudahkah Membayar Qadha? 1

LAZ AL HILAL – Tidak terasa, puasa Ramadhan semakin dekat. Dilansir dari laman detik.com puasa Ramadhan InsyaAllah akan dilaksanakan pada 13 April 2021. Hal tersebut merupakan putusan dari PP Muhammadiyah berdasarkan hisab hakiki wajudul hilal.

Dengan ketentuan tersebut, maka Ramadhan di tahun ini kemungkingan akan dimulai dalam waktu yang kurang dari satu bulan sejak hari ini, Kamis (18/03/2021). Lantas sudahkah sahabat Al Hilal semua membayar utang puasa? Karena sungguh, seorang muslim harus menyelesaikan semua utang puasanya.

Lalu utang puasa apa saja yang harus dibayarkan? Berbagai utang yang harus dibayar adalah ketika sahabat muslim sekalian tidak melaksanakan puasa di bulan Ramadhan seperti ketika sakit, datang bulan, atau ketika mengalami halangan lain. Maka seorang muslim tersebut wajib mengganti puasanya di hari lain atau meng-qhada nya.

Mengganti utang puasa adalah wajib hukumnya. Hal tersebut pun telah Allah SWT sampaikan dalam firman-Nya dalam QS. Al Baqarah ayat 184 yang berbunyi:

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“(Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Sahabat Al Hilal, sesuai dengan firman yang telah diturunkan oleh Allah SWT, maka wajib hukumnya bagi setiap muslim untuk segera melaksanakan kebaikan tersebut. termasuk melaksanakan dan melunasi utang puasa, sebelum Ramadhan Kembali menghampiri. Semoga sahabat Al Hilal serta seluruh saudara muslim yang memiliki kewajiban untuk membayar utang puasa Ramadhan dapat segera melunasi kewajiban tersebut.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Pesantren Al Hilal Copyright Picture­­­

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal