• Apakah ada pertanyaan?
Close

Mengapa “Kita” Kufur Nikmat?

LAZ AL HILAL – Allah SWT merupakan pemberi nikmat kepada setiap makhluk, baik di bumi maupun di langit. Sungguh, apakah nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT sang pemilik langit dan bumi tak ternilai harganya. Tapi, terkadang kita sebagai seorang manusia sering lupa akan hal itu dan kemudian kita tidak mensyukurinya. Akhirnya kita sebagai imanusia lebih banyak mengeluh dan lupa untuk bersyukur.

Memang, salah satu kelemahan kita ialah mengkufuri nikmat. Mungkin karena manusia sudah terbiasa dan merasa bahwa itu adalah hak yang harus diperolehnya. Apakah kita sebenarnya lupa bahwa segala sesuatu hal yang telah kita terima adalah pemberiang dari Allah SWT sang pemberi rezeki?

Sahabat Al Hilal, pernah kah kita menyadari bahwa Allah SWT telah memberikan kita berjuta-juta kenikmatan? Allah SWT memberikan kita kenikmatan membuka mata ketika bangun dari tidur, Allah SWT memberikan kita kenikmatan hidup, makan, berbicara, mendengar, dan kenikmatan-kenikmatan yang lainnya yang mungkin tidak disadari oleh kita sebagai manusia.

Banyak manusia yang sulit bernapas, banyak manusia yang masih belum bisa menikmati indahnya dunia karena keterbatasannya, dan banyak pula manusia yang bahkan makan pun sulit, tidak memiliki tempat perlindungan dan masih banyak yang lainnya.

Mari kita simak hadist yang diriwayatkan dari HR. Bukhari bahwa Rasulullah SAW berkata

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ الَّلهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى الَّلهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: نِعْمَتَانِ مَغْبُوْنٌ فِيْهِمَا كَشِيْرٌ مِنْ النَّاَسِ الصِّحَّةُ وَاْلفَرَاغُ

“Dari Ibnu Abbas, dia berkata : Nabi SAW bersabda : “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, yaitu kesehatan dan waktu.” (HR. Bukhari)

Sahabat Al Hilal, marikah bersikap sebagaimana Allah SWT telah memberikan segalanya kepada kita sebagai hamba-Nya. Bersyukurlah kepada-Nya. Jangan pernah melupakan pemberian yang telah Allah SWT berikan kepada kita, nikmat dan karunia-Nya. Sungguh syukur merupakan salah satu bentuk atau tanda terimakasih kita kepada Allah SWT.

Jangan sampai kita menjadi manusia yang kufur, enggan menyadari, atau bahkan mengingkari bahwa nikmat yang didapatkan berasal dari Allah SWT sang pemberi.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal