• Apakah ada pertanyaan?
Close

Mengapa Harus Lebih Dermawan Di Bulan Ramadhan?

LAZ AL HILAL – Sejatinya seorang muslim memang harus memiliki sifat yang dermawan di dalam atau di luar bulan Ramahdan, dan lebih dianjurkan untuk lebih dermawan lagi ketika bulan Ramadhan itu tiba menghampiri seluruh umat muslim di seluruh dunia. Lantas mengapa kita harus lebih dermawan dan dermawan lagi ketika bulan suci itu tiba? Ada beberapa alasan yang diuraikan oleh Imam Asy-Syafi’i.

  1. Meneladani Sifat Rasulullah SAW

Sahabat Al Hilal, seperti yang kita telah ketahui, Nabi Muhammad SAW adalah panutan setiap umat muslim. Ketika bulan suci Ramadhan menghampiri, Nabi Muhammad SAW lebih dermawan kepada setiap insan tanpa memilah dan memilih pada bulan Ramadhan.

  • Karena Kaum Dhuafa Membutuhkan Bantuan Kita

Seperti yang kita ketahui, tidak semua saudara kita dapat merasakan indahnya bulan Ramadhan dengan berlimpah rezeki yang sama seperti saudara muslim yang lainnya, dan ketika kita melatih diri untuk menjadi lebih dan lebih darmawan ketika memasuki bulan Ramadhan, maka InsyaAllah saudara-saudara muslim di luar sana akan menerima manfaat dari apa yang telah kita lakukan.

  • Membantu Saudara Kita Yang Kehilangan Pekerjaannya

Sahabat Al Hilal, ketika kedermawanan kita meningkat pada bulan Ramadhan, maka InsyaAllah banyak sekali saudara muslim kita yang terbantu. Apalagi, seperti yang kita ketahui pandemi Covid-19 banyak pegawai yang terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK dalam pekerjaannya. Sungguh, mereka yang telah berkeluarga pasti teramat sangat membutuhkan kita sebagai salah satu orang yang masih diberi keberuntungan oleh Allah SWT karena masih diberikan rezeki yang cukup.

Imam Asy-Syafi’i mengatakan,

وَأُحِبُّ لِلرَّجُلِ الزِّيَادَةَ بِالْجُوْدِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ اِقْتِدَاءً بِهِ وَلِحَاجَةِ النَّاسِ فِيْهِ إِلَى مَصَالِحِهِمْ وَلِتَشَاغُلِ كَثِيْرٍ مِنْهُمْ بِالصَّوْمِ وَالصَّلَاةِ عَنْ مَكَاسِبِهِمْ

“Kusukai agar seorang muslim itu makin dermawan di bulan Ramadhan dalam rangka meneladani Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Banyak orang yang memerlukan bantuan di bulan Ramadhan untuk memenuhi kebutuhannya dan banyak orang sibuk puasa dan shalat sehingga harus libur kerja.”

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal