• Apakah ada pertanyaan?
Close

Masih Enggan Untuk Berqurban? Simak Yuk Kisah Berqurban yang Mengharukan!

Hari raya Idul Adha merupakan salah satu hari yang istimewa dan dinanti oleh seluruh Muslim di dunia. Karena, pada 10 Dzulhijjah, seluruh umat Muslim melaksanakan penyembelihan hewan Qurban di daerahnya masing-masing.

Sungguh dalam setiap pelaksanaannya, ada saja kisah berqurban yang mengharukan dan patut menjadi Inspirasi kita ketika enggan melaksanakan qurban.

Mau tahu kisahnya? Sahabat Al Hilal, yuk simak kisah berikut ini!

  1. Inaq Sahnun, seorang pemulung yang berhasil mewujudkan niat berqurban di Hari Raya Idul Adha 1440 H
Inaq Sahnun, seorang pemulung yang berhasil mewujudkan niat berqurban di Hari Raya Idul Adha 1440 H

Ibu Inaq, seorang pemulung yang telah mengumpulkan uang sebesar 10 Juta Rupiah dari hasil memulungnya selama lima tahun, yang akhirnya dapat membuatnya berqurban hewan sapi.

Tahukah sahabat Al Hilal, sosok Ibu Inaq sebenarnya sudah tidak asing lagi di mata warga yang bermukim dii Kota Mataram, tepatnya di Kawasan Cakranegara.

  1. Anak-anak yang berhasil mengumpulkan uangnya selama 10 bulan untuk membeli hewan Qurban
Anak-anak yang berhasil mengumpulkan uangnya selama 10 bulan untuk membeli hewan Qurban

Siapa yang tidak akan tersentuh dan merasa malu kepada 7 orang anak yang berada di Kampung Ardio, Bogor yang berani untuk menyisihkan uang jajannya selama 10 bulan untuk membeli hewan Qurban berupa sapi?

Sungguh, biasanya anak-anak identik dengan membeli mainan, atau hanya sekedar jajan yang banyak untuk sekedar memenuhi nafsunya.

Tetapi tidak untuk ke-tujuh bocah tersebut, berkat dukungan dari orangtua mereka, akhirnya mereka dapat berqurban dengan uang mereka sendiri. MasyaAllah.

  1. Anggota Polres Janeponto yang berqurban sebanyak 50 ekor sapi
Anggota Polres Janeponto yang berqurban sebanyak 50 ekor sapi

Tahukah sahabat Al Hilal, 50 ekor sapi tersebut diperoleh dari dari hasil patungan anggota polres. Mereka menyisihkan gaji setiap bulan selama setahun hingga akhirnya bisa berkurban sapi hingga 50 ekor. MasyaAllah.

Sahabat Al Hilal, sungguh jika setiap mukmin mengingat kisah ini, maka seharusnya mereka pun dapat mencontoh dalam bersabar ketika melakukan ketaatan pada Allah SWT dan seharusnya mereka mendahulukan kecintaan Allah dari hawa nafsu dan syahwatnya bukan?

InsyaAllah kisah tersebut dapat memicu setiap muslim agar lebih bersemangat dalam berbagi di Hari Raya Idul Adha. Aamiin Yaa Rabbal Alaamiin.

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal