• Apakah ada pertanyaan?
Close

Khusyuk Kah Sholatku?

Khusyuk Kah Sholatku? 1

LAZ AL HILAL – Sholat merupakan rukun Islam yang ke-2 setelah mengucapkan syahadat. Allah SWT pun menyebutkan bahwa ketika hamba-Nya melaksanakan sholat, disitu pula Allah SWT memudahkan urusan dan menjauhkan hamba-Nya dari perbuatan munkar. InsyaAllah. Sahabat Al Hilal, lantas sudahkah kita termasuk ke dalam golongan hamba yang khusyuk ketika sholat?

Sahabat Al Hilal, bukankah sholat merupakan bentuk ibadah yang dilaksanakan oleh seorang hamba kepada sang pencipta, Allah SWT? Oleh karena itu, sholat disebut pula dengan ibadah mahdhah. Ibadah mahdhah merupakan ibadah yang harap untuk dilakukan apabila tidak sesuai dengan dalil yang ada. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika melaksanakan sholat.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah yang perlu kita perhatikan:

  1. Kondisi sebelum sholat

Ketika kita melaksanakan sholat, sudahkah kita bersuci? Seperti yang kita telah ketahui, ketika kita melaksanakan sholat dengan keadaan yang tidak suci, maka sholat yang kita laksanakan tidak sah. Terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam kesucian sebelum sholat yaitu kesucian hati dan kesucian jasmani. Kesucian hati meliputi akidah. Selain itu, kesucian hati sangat ditentukan dengan niat.

  • Berwudhu

Wudhu merupakan hal yang selalu dilakukan sebelum sholat untuk mensucikan diri. Ketika dalam wudhu tergesa-gesa, maka ketika sholat akan tergesa-gesa pula. Ketika dalam sholat tergesa-gesa, maka tidak akan mendapat kekhusyukan dan kesempurnaan sholat. Oleh karena itu, wudhupun perlu disempurnakan dalam pelaksanaannya. Dalam hal tersebut, Allah SWT pun telah berfirman dalam QS. Al Maidah ayat 6.

  • Tuma’ninah

Melaksanakan Gerakan sholat dengan sempurna yaitu Gerakan sholat yang dilakukan dengan tidak tergesa-gesa. Karena Ketika gerakan sholat tidak disempurnakan, maka seseorang tidak akan memperoleh kekhusyukan dalam sholat.

  • Mengenal dan Memahami Bacaan Sholat (Ma’rifat)

Untuk meraih kekhusyukan, sangat penting bagi seorang muslim untuk memahami makna bacaan sholat. Karena ketika memahami bacaan sholat, maka seorang muslim akan merasakan interaksi antara dirinya dan Allah SWT sang pencipta.

Sahabat Al Hilal, InsyaAllah ketika kita memnuhi keempat point tersebut maka ke khusyukan sholat yang kita kerjakan pun telah tercapai. Ketika memiliki hati yang khusyuk, maka Allah limpakan kenikmatan ketenangan dalam hatinya dan ketenangan dalam menghadapi urusan dunia. Wallahu’alam bishawab.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal