• Apakah ada pertanyaan?
Close

Kehebatan Umar bin Khattab yang Langsung Disebutkan Rasulullah SAW

Kehebatan Umar bin Khattab yang Langsung Disebutkan Rasulullah SAW 1

Seperti yang kita ketahui, diantara para sahabat dari Rasulullah SAW bahwa yang pertama ada di sisi Rasulullah SAW adalah Abu Bakar dan diikuti oleh Umar bin Khattab dan diikuti oleh Utsman bin Affan. Diriwayatkan dalam sebuah hadist Bukhari, bahwa ketiganya adalah orang yang terbaik yang ada di zaman Nabi Muhammad SAW.

“Kami (para sahabat) pernah menilai orang terbaik di zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka kami dapatkan yang terbaik adalah Abu Bakar Radhiyallahu anhu, kemudian Umar bin Khattâb Radhiyallahu anhu, kemudian Utsmân bin Affân, mudah-mudahan Allâh meridhai mereka semua“. (HR. Bukhari).

Sahabat Al Hilal, bahkan diriwayatkan dalam HR. Bukhari, Rasulullah SAW pun pernah berkata:

“Ketika aku sedang tidur, aku melihat diriku di surga. Kemudian ada seorang wanita berwudhu di sisi sebuah istana. Aku berkata: ‘Istana milik siapa ini?’. Mereka berkata: ‘Ini milik Umar.’ Aku teringat kecemburuan Umar dan aku berbalik untuk pergi. Kemudian, Umar menangis dan berkata: ‘Bisakah aku cemburu padamu, Rasulullah?’” (HR. Bukhari).

Lantas apakah kehebatan yang disebutkan langsung oleh Rasulullah SAW ketika hidupnya mengenai Umar bin Khatab? Dilansir dalam laman Islampos, Rasulullah SAW inilah kehebatan yang langsung disebutkan oleh Rasulullah SAW mengenaii Umar bin Khattab, diantaranya adalah:

  • Keimanan Umar bin Khattab

Sahabat Al Hilal Rasulullah SAW, mengajarkan kepada kita bahwa bagi seorang mukmin sejati, Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai dibandingkan yang lainnya, termasuk diri sendiri dan kehidupannya.

  • Agama Umar bin Khattab

Tahukah sahabat Al Hilal, bahwa Rasulullah SAW merupakan saksi utama bagaimana kokohnya Agama yang ada dalam diri Umar bin Khattab?

“Ketika aku sedang tidur, aku melihat orang-orang yang diperlihatkan kepadaku. Masing-masing dari mereka memakai baju. Ada yang sampai ke dada dan ada yang lebih jauh dari itu. Kemudian Umar ditunjukkan kepadaku dengan bajunya sampai ke dada.” Mereka bertanya: “Bagaimana engkau menafsirkannya, Rasulullah?” Dia berkata: “Amal agamanya.” (HR. Bukhari).

  • Pengetahuan Umar bin Khattab

Umar bin Khattab mengambil langsung ilmunya dari Rasulullah SAW, dan Rasulullah SAW pula yang menjadi saksi atas kedudukan Ilmynya.

  • Kekuasaan dan Kekuatan Umar bin Khattab

Umar bin Khattab‎ adalah orang dengan kekuatan dan ketabahan individu yang luar biasa. Dia adalah salah satu dari dua ‘Umar’ yang diminta oleh Nabi kepada Allah untuk memberkati Islam sebelum dia menjadi Muslim.

MasyaAllah, itulah kehebatan yang disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW tentang Umar bin Khattab.

“Allah telah menempatkan kebenaran di lidah Umar dan di hatinya.” (HR. Tirmidzi).

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal