• Apakah ada pertanyaan?
Close

Jangan Takut! Allah Bersama Kita

Jangan Takut! Allah Bersama Kita 1

LAZ AL HILAL – Setiap manusia pasti pernah merasakan takut, muali dari takut melakukan sesuatu hal, takut gagal, takut kehilangan apa yang kita cintai di dunia, hingga takut kepada tuhan semasta alam Allah SWT. Tentu takut kepada Allah SWT sangat baik untuk kita sebagai maba-Nya, mengapa? Karena ketika kita merasa takut kepada Allah SWT maka kita setiap insan akan senantiasa untuk mendekatkan diri kepada-Nya, akan lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada-Nya.

Sahabat Al Hilal, tentu kita semua pasti takut dengan segala sesuatu dengan kekuatan yang dahsyat mislnya takut akan bencana alam yang mendadak datang. Kita tidak pernah tahu, bagaimana jika ketika kita sedang tidur atau sedang melaksanakan aktifitas, tiba-tiba bencana alam itu datang. Dalam Al Quran, kata takut dinyatakan dengan khauf dan khasyyah. Kata khauf lebih umum daripada kata khasyyah. Khasyyah menunjukkan rasa takut yang lebih spesifik dan disertai pengetahuan (ma’rifah). Khasyyah disematkan kepada ulama [ilmuwan, saintis yang takut kepada Allah] (QS Fathir [35]: 28).

Ketika kita merasa takut, kita sebagai umat muslim harus memaknai rasa tersebut secara positif. Seperti apakah rasa takut yang dimaknai dengan positif? Yaitu rasa takut yang menyebabkan kita sebagai umat muslim senantiasa melaksanakan kewajiban dari Allah SWT dan meninggalkan apapun larangan-Nya. Ketika rasa takut itu meningkat, maka kita akan terus meningkatkan dan terus meningkatkan keimanan kita, melaksanakan kewajiwan dengan melengkapinya dengan amalan sunnah, dan tentu dengan kesadaran diri menjauhi hal-hal yang berbau syuhbat.

Sebagai seorang hamba, rasa takut akan siksaan dari sang pencipta Allah SWT adalah sesuatu yang lumrah, ketakutan atas apa yang ditimpakan kepada kita sebagai hamba-Nya karena dosa-dosa yang pernah diperbuat. Oleh karena itu, menurut Ibn al-Qayyim al-Jauziyah, takut kepada Allah SWT itu hukumnya wajib. Karena takut kepada Allah dapat mengantarkan hamba untuk selalu beribadah kepada-Nya dengan penuh ketundukan dan kekhusyukan. Sebagaimana Allah SWT telah menyampaikan firman kepada umat-Nya dalam QS. Ali Imran ayat 175

Siapa yang tidak takut kepada-Nya, berarti ia seorang pendosa, pelaku maksiat. Karena tidak takut kepada Allah, koruptor semakin merajalela, semakin serakah, dan tidak lagi memiliki rasa malu” (QS Ali Imran: 175).

Sahabat Al Hilal, ketika kita takut kepada Allah SWT maka InsyaAllah kita sebagai hamba-Nya akan semakin dekat kepada-Nya sehingga kita sebagai seorang hamba tidak akan takut ketika suatu hari kita kehilangan apapun yang kita cintai di dunia, seperti jabatan, atau masa depan. Wallahu’alam bishawab.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal