• Apakah ada pertanyaan?
Close

Jangan Berhenti Untuk Menjadi Baik

Jangan Berhenti Untuk Menjadi Baik 1

Islam merupakan agama yang memiliki kebaikan untuk semua hal yang ada di muka bumi yang kita pijaki. Islam merupakan agama yang rahmatan lil’alamin. Sahabat Al-Hilal, Islam sudah mengatur semua yang berkaitan dengan kehidupan ini, di dalamnya pun Islam sudah mengatur bagaimana hak-hak manusia di muka bumi, bagaimana dalam bersosialisai, sampai bagaimana sebaiknya kita melakukan berbagai hal dari bangun tidur hingga kembali tertidur.

Maka dari itu, sahabat Al-Hilal kita sebagai umat muslim harus bisa menjadi manusia yang tidak pernah bosan untuk menjadi baik dan menyebarkan kebaikan. Karena sejatinya, Islam telah memberikan kita pedoman di jalan yang lurus agar kita tetap memegang teguh Islam yang rahmatan lil’alamin ini.

Seorang muslim itu memiliki kontribusi yang besar untuk sesama nya. Apa yang diperbuat oleh diri kita sendiri merupakan hal yang akan mejadi kebaikan pula untuk kita dimasa yang akan datang. Maka dari itu, kebaikana kita sebagai umat muslim senantiasa harus dapat bermanfaat bagi orang lain pula. Sahabat Al-Hilal lebih baik kita menjadi manusia yang tidak pernah berhenti jadi orang lain bukan?

Seperti dalam HR Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

“Sebaik-sebaik kalian adalah orang yang diharapkan kebaikannya dan sedangkan keburukannya terjaga” (HR. Tirmidzi).

Sahabat Al-Hilal, dapat kita pahami bahwa seorang muslim yang baik itu tidak akan pernah menyebarkan keburukan, tetapi seorang muslim yang baik selalu menyebarkan kebaikan. Dari kebaikan itulah kita akan terus memperoleh kepercayaan dari orang lain yang mengharapkan terus kebaikan kita.

Rasulullah SAW pun bersabda:

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”.  (HR. Ahmad).

Dari hadist tersebut sudah sangat jelas bahwa kita sebagai manusia harus terus menjadi manusia yang baik.

Sahabat Al-Hilal, bahkan Allah SWT berfirman dalam QS. Az-Zalzalah Ayat 7 yang berbunyi:

فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ

Yang artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.”

Dari ayat tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa sekecil apapun yang terus kita lakukan pasti Allah SWT pun akan membalasnya. Ayat ini pun bersifat umum untuk setiap kebaikan maupun keburukan, karena jika manusia dapat melihat amalan kita walaupun sebesar dzarrah yang merupakan sesuatu yang kecil pasti kita akan terus melakukan kebaikan dan tidak akan pernah berhenti untuk melakukan kebaikan itu.

Sahabat Al-Hilal, seseorang yang terus menerus dan tidak berhenti untuk mebuat baik di dunia, selalu beriman kepada Allah SWT, serta mengerjakan amal sholeh tentunya akan dibalas pula oleh Allah SWT karena pada dasarnya sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan maka tentunya akan menjadi menjadi jaminan kelak untuk kita di akhirat kelak.

Maka dari itu sahabat Al-Hilal, marilah kita selalu berbuat kebaikan dimana pun, kapan pun, serta kepada siapapun karena janji Allah SWT benar dan Allah SWT pun tidak akan pernah menyia-nyiakan semua perbuatan baik yang telah kita lakukan.
Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal