• Apakah ada pertanyaan?
Close

Inilah Deretan Negara dengan Durasi Puasa Terlama Dan Tercepat Di Seluruh Dunia!

LAZISWAF Al Hilal – Sahabat Al Hilal kini umat Muslim di seluruh dunia tengah berada dalam bulan penuh berkah, yaitu bulan Ramadan. Kebanyakan umat Muslim di dunia memulai puasa pada Selasa (13/4) hingga Rabu (14/4) tergantung di negara mana mereka tinggal.

Bicara soal Ramadan, umat Muslim diwajibkan berpuasa sejak terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Di Indonesia sendiri, umat muslim rata-rata akan berpuasa selama 12-13 jam dalam sehari.

Namun, tahukah Sahabat Al Hilal kalau ada negara lain yang memiliki waktu berpuasa lebih cepat dan lebih lama dari Indonesia? Ternyata ada negara yang hanya berpuasa selama 11 jam saja. Namun ada juga yang berpuasa hingga 21 jam.

Penasaran, kira-kira negara mana saja yang waktu puasanya lebih cepat hingga lebih lama dari Indonesia? Berikut informasi lengkapnya!

Puasa dengan Durasi Tercepat

Seperti kita tahu, panjang jam siang hari akan bervariasi tergantung di negara mana kamu berada. Umat Muslim yang tinggal di negara-negara paling selatan dunia seperti Chile, Australia, hingga Selandia Baru akan berpuasa rata-rata 11 jam saja. Negara lain yang memiliki durasi puasa tercepat lainnya antara lain Afrika Selatan, Uruguay, Paraguay, dan Argentina.

Puasa dengan Durasi Terlama

Sementara itu, bagi mereka yang tinggal di negara-negara utara seperti Islandia atau Norwegia akan berpuasa 18 jam lebih. Hal ini disebabkan lantaran di negara-negara bagian utara ini matahari tidak terbenam dari 20 April hingga 22 Agustus.

Namun fatwa telah dikeluarkan untuk mengikuti pengaturan waktu di Makkah, Arab Saudi, atau negara Muslim terdekat. Negara lain yang juga memiliki durasi puasa terlama di antaranya Greenland, Islandia, hingga Finlandia yang durasi puasanya bisa mencapai 21 jam. Bahkan tahun lalu, waktu puasa di Finlandia mencapai 23 jam, lho. 

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Šī¸ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal