• Apakah ada pertanyaan?
Close

Bukan Seberapa Banyak Harta Kita, Melainkan Seberapa Banyak Kita Memberi

  • Home
  •  / 
  • Blog
  •  / 
  • Bukan Seberapa Banyak Harta Kita, Melainkan Seberapa Banyak Kita Memberi

Kebanyakan orang berfikir bahwa orang kaya itu yang rumahnya mewah, mobilnya mewah, punya perusahaan besar. Atau juga mereka yang memiliki rumah banyak, mobil banyak, perusahaan banyak. Bisa juga, mereka yang memiliki harta untuk tujuh turunan :p deposito trilyunan, atau bahkan intan berlian puluhan kilogram, hihi.. Intinya, mereka yang punya harta kekayaan melimpah ruahlah yang dikatakan kaya.

Iya, secara fisik memang benar. Orang yang punya banyak harta itu adalah orang yang kaya. Mereka kaya karena banyak memiliki harta benda. Namun, kekayaan yang abadi bukanlah kekayaan yang seperti itu. Karena sebanyak apapun harta benda yang kamu miliki, saat kamu meninggal kelak, tak satupun yang bisa kamu bawa. Semua harta benda hanya akan kamu miliki di dunia, bahkan bisa jadi manfaatnya pun hanya kamu nikmati di dunia aja.⁣

Kaya dalam arti yang sesungguhnya adalah kaya hati. Kekayaan inilah yang kekal, karena manfaatnya akan kamu bawa terus meskipun kamu meninggal kelak. Orang yang kaya hati bukanlah diukur dari berapa banyak yang ia miliki, namun dari berapa banyak yang ia berikan untuk orang lain. Berapa banyak sedekah yang ia berikan pada keluarga maupun orang disekitar yang membutuhkan. Berapa banyak manfaat yang ia berikan dari ilmu yang ia miliki. Serta berapa banyak kebaikan yang ia berikan pada orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *