• Apakah ada pertanyaan?
Close

Bisakah “Kita” Mengubah Takdir?

Bisakah “Kita” Mengubah Takdir? 1

LAZ AL HILAL – Apa itu takdir? Dilansir dari berbagai sumber, takdir adalah istilah yang merujuk kepada keputusan Allah SWT dan keputusan yan telah ditakdirkan oleh Allah SWT kepada kita sebagai umat-Nya telah tertulis di lauh mahfudz sejak sebelum terciptanya dunia dan kita sebagai manusia. Hal tersebut telah disinggung oleh Allah SWT dalam firman-Nya di QS. Al Hadid ayat 22

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

“Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah” (QS. Al-Hadid: 22).

Sahabat Al Hilal, ketika kita sebagai manusia yang takdirnya telah tertuliskan takdirnya dapat mengubah takdir? Apakah usaha yang telah kita laksanakan selama ini di dunia dapat mengubah takdir yang telah tercatat di lauh mahfudz?

Tetapi bukan kah Usaha manusia, baik itu berupa tindakan, pilihan rasional, atau doa yang dipanjatkan, semuanya adalah kejadian yang tertulis di lauh mahfudz sebagaimana disinggung dalam ayat di atas. Sama sekali tak ada kejadian apa pun yang tak terekam di sana?

Sahabat Al Hilal, usaha atau tindakan di dunia ini yang tak tercatat sebagai takdir di lauh mahfudz sehingga hendak dipertentangkan dengan catatan di lauh mahfudz. Seolah-olah penanya ingin membenturkan antara usaha manusia di satu pihak dengan takdir di pihak lain. Padahal kejadiannya tidaklah demikian.

Ketika seorang manusia dengan berbagai pilihan hidupnya berikhtiar agar takdirnya berubah, maka hal tersebut tidak mengubah sedikit pun takdirnya.

Dilansir dari berbagai sumber, Takdirnya bukanlah miskin kemudian dilawan hingga berubah menjadi kaya, namun takdirnya adalah miskin lalu berusaha keras lalu kaya.

Maka dari itu, tak relevan sama sekali ketika menanyakan apakah usaha dapat mengubah takdir sebab usaha itu sendiri adalah juga bagian dari takdir. Wallahu’alam bishawab.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Laz Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal