• Apakah ada pertanyaan?
Close

Belum Hafal Bulan Hijriah? Yuk Belajar dari Metode Kisah Ini!

LAZ AL HILAL – Tahun hijriyah merupakan tahun yang dimiliki oleh umat Islam seperti tahun masehi pada umumnya, dan tahun hijriyah pun memiliki 12 bulan di dalamnya. Tetapi, tak sedikit umat muslim yang lupa terhadap bulan ini dan yang lebih ironis tak sedikit yang tidak mengetahui bulan-bulan di dalam tahun hijriyah.

Sahabat Al Hilal berkaitan dengan hal tersebut, tentu dibutuhkan suatu metode untuk menghafal bulan-bulan hijriah dengan mudah. Apalagi, bagi para orangtua yang mempunyai anak. Tentu, metode ini bisa berguna untuk mengajarkan bulan-bulan hijriah kepada anak-anak mereka.

Salah satu metode yang dapat dilakukan yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam menghafal bulan-bulan hijriyah ialah dengan menggunakan metode kisah.

Dilansir dari sumber, Berikut kisah menarik untuk mudah menghafal bulan-bulan hijriah:

Alkisah sebuah keluarga yang hidup bahagia, kepala kelurganya bernama MUSHO. Ia mempunyai istri yang sholih bernama RORO. Dan mempunyai pembantu bernamaJUJU. Dari hasil pernikahan mereka lahir dua orang bayi kembar yang lucu, karena kembar namanya sama yaitu ROSYA & ROSYA. Selang beberapa tahun kemudian lahir anak ketiga yang imut, tembem dan menggemaskan diberi nama DZUL- DZUL.

Sebenarnya nama-nama yang ada dalam kisah tersebut merupakan singkatan dari bulan-bulan yang ada dalam tahun hijriyah. Mengapa? Lihat penjelasannya yuk sahabat Al Hilal!

MUSO: Muharram- Shoffar

RORO: Robiul awal-Robiul akhir

JUJU: Jumadil awal-Jumadil akhir

ROSYA: Rojab- Sya’ban

ROSYA: Romadhon- Syawwal

DZUL DZUL: Dzulqo’dah- Dzulhijjah

Nah, bagaimana sahabat Al Hilal sudah mengingat hafalan di bulan-bulan hijriyah?

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Pesantren Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal