Close

Bayar Zakat Online ? Disini Tempatnya, Zakat Mal, Fitrah, Penghasilan

  • Home
  •  / 
  • Blog
  •  / 
  • Bayar Zakat Online ? Disini Tempatnya, Zakat Mal, Fitrah, Penghasilan

Bayar Zakat Online ? Disini Tempatnya, Zakat Mal, Fitrah, Penghasilan

LAZ al-Hilal, Tempat Bayar Zakat Online Maupun Offline

Zakat adalah sesuatu yang harus ditunaikan bagi seorang yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya dan hukumnya ada yang wajib maupun sunnah.

Ada beberapa jenis zakat yang harus ditunaikan yaitu zakat fitrah dan zakat mal (harta). Zakat harta atau disebut zakat mal ini memiliki beberapa jenis yaitu harta pertanian, harta penghasilan/pendapatan dan zakat perniagaan.

Jenis Jenis Zakat dan Pengertiannya

Ada beberapa jenis zakat yang dikenali masyarakat terkadang membuat sebagian dari kita bingung terkait jenis zakat dan jumlah yang harus ditunaikannya. Namun jika ditinjau secara umum, ternyata pada dasarnya zakat hanya terbagi atas dua jenis yakni Zakat Mal (Harta) dan Zakat Fitrah:

1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap muslim yang mampu melaksanakannya.

Zakat fitrah adalah zakat yang harus dikeluarkan sekali selama setahun yaitu saat bulan ramadhan menjelang idul fitri. Pada prinsipnya, zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum shalat idul fitri dilangsungkan. Hal tersebutlah yang membedakan antara zakat fitrah dengan zakat lainnya.

Zakat fitrah berarti menyucikan harta, karena dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain. Oleh karena itu, tidak ada suatu alasan pun bagi seorang hamba Allah yang beriman untuk tidak menunaikan zakat fitrah karena telah diwajibkan bagi setiap muslim, laki-laki maupun perempuan, orang yang merdeka atau budak, anak kecil atau orang dewasa. Ini perkara yang telah disepakati oleh para ulama.

Cara Membayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah dapat dikeluarkan sebelum waktu sholat idul fitri di hari-hari terakhir bulan suci ramadhan. Itulah dasar pokok yang membedakan zakat fitrah dengan sedekah-sedekah lainnya. Sebagaimana tercantum pada hadits Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang berbunyi :

“Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud).

Selanjutnya dalam menunaikan zakat fitrah diawali dengan membaca niat sebagai berikut :

“Nawaitu an uhrija zakat fitri anna wa ‘an jami’i maa yalzamuni nafqu tuhun syiar a’an far dzolillahi ta’ala”.

Artinya : ” Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya wajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah ta’ala.”

2. Zakat Maal (Zakat Harta)

Berbeda dengan Zakat Fitrah, Zakat Maal adalah zakat harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim sesuai dengan nishab dan haulnya. Waktu pengeluaran zakat jenis ini tidak dibatasi jadi bisa dikeluarkan sepanjang tahun ketika syarat dari zakat tersebut terpenuhi, dan tidak seperti zakat fitrah yang hanya dikeluarkan ketika Ramadhan.

Jenis zakat ini yang memiliki banyak jenis zakat diantaranya : zakat penghasilan, perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, obligasi, tabungan, emas dan perak dan lainnya. Masing-masing jenis zakat memiliki perhitungannya sendiri-sendiri.

Baca Juga: Jenis Harta (nishab) Zakat Mal yang Harus DiKeluarkan

Tempat Bayar Zakat Online maupun Offline

Zakat fitrah maupun zakat harta (mal) dapat disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) terpercaya di Indonesia, salah satunya yaitu LAZ al-Hilal.

LAZ Al Hilal adalah lembaga amil zakat infaq dan shodaqoh yang berlokasi di bandung. Kami menerima titipan zakat anda dan akan kami salurkan ke orang yang tepat.

Bayar Zakat Online KLIK DISINI

Alamat Kantor Pusat:

Jl. Gegerkalong Hilir No.155 A, Sarijadi, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *