• Apakah ada pertanyaan?
Close

Asy-Syakuur

LAZ AL HILAL – “… Dan barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 158). Sahabat Al Hilal, bersyukur adalah salah satu cara agar kita sebagai umat Allah SWT semakin dekat kepadanya. Mengapa demikian? Sungguh, ketika kita bersyukur maka InsyaAllah kita akan senantiasa untuk terus berusaha mesyukuri nikmat yang telah Allah SWt berikan untuk kita sebagai hambanya.

Tetapi, perlu kita ketahui maha baik allah SWT ketika kita baru saja berniat untuk melaksanakan kebajikan maka saat itu pula Allah SWT memerintahkan kepada malaikat untuk mencatat niat baik kita. Sedangkan ketika kita berniat suatu hal yang negatif maka Allah SWT tidak akan mencatatnya sebelum kita benar-benar melaksanakan suatu hal yang sifatnya negatif atau keburukan. Masya’Allah…

Sahabat Al Hilal, sibuklah bersyukur kepada Allah SWT, bersyukurlah walaupun kepada hal-hal yang terlihat sederhana. Seperti hal nya ketika Allah SWT membukakan mata kita dan menghidupkan kita kembali saat tidur di sepanjang malam, saat kita masih dapat makan sesuap nasi, dan saat kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan oleh-Nya. Ketika kita bersyukur, apakah Allah SWT turut menyaksikan? Tentu!

Bahkan diriwayatkan dalam Hadist Muslim, Rasulullah bersabda

Sungguh menakjubkan perkaranya orang beriman. Segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu’min. Jika mendapatkan kesenangan ia bersyukur, maka syukur itu baik baginya. Dan jika mendapat musibah ia bersabar, maka sabar itu baik baginya.” (HR. Muslim)

Lantas, bagaimana caranya kita bersyukur? Dilansir dari berbagai sumber, cara kita bersyukur dapat dengan berbagai macam cara. Diantaranya adalah:

  1. Meyakini dalam hati bahwa segala sesuatu hanyalah milik Allah SWT
  2. Memuji Allah SWT
  3. Manfaatkan karunia dari Allah SWT untuk sesuatu yang dikehendaki-Nya.

Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan”. (QS. Ar-Rahman)

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.pesantrenalhilal.com

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

©️ Pesantren Al Hilal Copyright Picture

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal