• Apakah ada pertanyaan?
Close

Amalan Yang Bisa Merubah Takdir Dan Nasib Buruk

Alhilal.or.id – Sebagai seorang muslim, percara pada takdir merupakan bagian dar salah satu rukun iman, Takdir adalah ketentuan Allah SWT berdasarkan pertimbangan terbaik dari Allah SWT dan hal terbaik bagi hamba-Nya. Banyak orang percaya bahwa takdir tak dapat diubah, karena apa yang sudah menjadi ketentuan Allah tidak bisa diubah sama sekali.

Tapi anggapan ini tidak selalu benar. Karena ternyata ada takdir yang bisa berubah ketika Allah berkehendak. Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Dia juga Maha Kuasa atas segala sesuatu. Nabi ﷺ mengajarkan pada kita bahwa ada sejumlah amalan yang mampu mengubah takdir.

Takdir ternyata bisa berubah dengan sejumlah amal kebaikan. Artinya, jika seseorang melakukan amal kebaikan, maka takdir buruk yang awalnya akan menimpanya, bisa dihapus oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

hmmm apa aja yaa amalan amalan yang diajarkan oleh Rasul SAW yang bisa merubah takdir. . . .

Amalan amalan yang dapat merubah takdir, antaralain :

1. Do’a

Amalan pertama yang mampu merubah takdir adalah do’a.
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa doa adalah senjata kaum mukminin. Selain dengan berdoa, tentunya seseorang juga harus mengirinya dengan usaha dan tawakal.

Kekuatan doa sangat besar karena ia adalah permohonan kepada Yang Maha Besar, yakni Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sebagaimana dikatakan dalam hadits berikut:

“Tiada yang bisa menolak takdir Allah, kecuali doa,” (HR. Tirmidzi, Hakim, Ahmad, dan Ibnu Majah).

Hadits dari Imam Turmudzi dan Hakim, diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, bahwa Nabi ﷺ bersabda: “Barangsiapa hatinya terbuka untuk berdo’a, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah daripada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesungguhnya do’a bermanfa’at bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak taqdir kecuali do’a, maka berpeganglah wahai hamba Allah pada do’a”. (HR Turmudzi dan Hakim)

Saat kapan kita harus berdo’a? Jawabannya setiap saat. Selain berdoa di waktu-waktu tertentu yang mustajab, kita juga perlu terus memanjatkan do’a kita setiap saat.

Berdo’a itu tidak selamanya dengan kalimat-kalimat tertentu saja. Sehabis shalat dhuha memang ada do’a yang dicontohkan. Sehabis shalat tahajud apalagi shalat fardhu. Ada do’a yang sudah dicontohkan dan kita boleh menambahnya dengan do’a kita sendiri sesuai keinginan kita.

2. Banyak Melakukan Amal Baik

Amalan ke-2 yang dapat merubah takdir yaitu amal kebaikan. Nabi ﷺ menegaskan, amal kebaikan bisa mengubah hal buruk menjadi hal baik yang akan menimpa seseorang. Bahkan, usia bisa bertambah dengan amal kebaikan.

“Beramalah kamu sekalian, karena beramal (berbuat kebaikan) akan mengubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukan-Nya padamu,” (HR. Bukhori dan Muslim).

“Tiada yang dapat menambah umur seseorang, selain (amal) kebaikan,” (HR. Ahmad dan Thabrani).

3. Bersedekah

Yang Terakhir yaitu bersedekah.
Ada banyak hadits yang menjelaskan tentang manfaat, hikmah atau keutamaan sedekah. Di samping menambah harta dan membuatnya menjadi berkah, sedekah pun bisa mengubah takdir atau nasib.

Informasi & Call Center⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
🌐 Website: www.alhilal.or.id⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
☎ Telpon: 022-2005079⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
📱 WA: 081 2222 02751⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
©️ Laz Al Hilal Copyright Picture⁣⁣⁣

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal