• Apakah ada pertanyaan?
Close

6 Negara Tertua di Dunia

Laz Al Hilal, Bandung – Tak hanya manusia, sebuah negara pun memiliki usia. Suatu wilayah bisa disebut sebagai negara apabila jika telah memiliki empat unsur utama, yaitu penduduk, wilayah, pemerintah, dan pengakuan internasional berdasarkan Konvensi Montevidio tahun 1933.

Sejarahnya, beberapa peradaban paling awal berkembang sekitar 6500 SM, ketika masih banyak orang-orang berhenti melakukan nomaden dan mulai mencoba menetap serta mengembangkan satu daerah.

Berdasarkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), terdapat 193 negara anggota. Terdapat dua anggota dengan kewenangan terbatas, yaitu Palestina dan Vatikan.

Melansir dari Oldest, terdapat enam negara tertua di dunia yang sudah ada sejak 3100 sebelum Masehi

1. Mesir

Piramida Giza. (Foto: Flickr/Galeria Thomsen)
Piramida Giza. (Foto: Flickr/Galeria Thomsen)

Dinasti Mesir diyakini pertama kali berdiri pada 3100 tahun SM. Sehingga membuktikan kalau Mesir merupakan salah satu negara tertua di dunia. Meski demikian, peradaban Mesir Kuno tercatat sudah ada pada 6000 tahun SM.

Pada periode tersebut, Mesir Hulu dan Hilir bersatu dan dipimpin oleh Raja Menes.

2. China

Kota Jilin, China Foto: Shutter Stock
Kota Jilin, China Foto: Shutter Stock

Berlangsung sekitar 2070 SM – 1600 SM, Dinasti Xia dipercaya sebagai dinasti pertama di Tingkok, meskipun belum ada bukti catatan sejarahnya.

Akan tetapi, catatan sejarah China tertulis Dinasti Shang lah yang pertama kali ditemukan dan berlangsung sekitar 1600 SM – 1046 SM. Hal ini terbukti dari berbagai kronik sejarah, seperti Bamboo Annals, The Classic of History, dan The Records of The Grand Historian.

Hingga pada akhirnya, sistem dinasti di Tiongkok bertahan hingga 1912 di Dinasti Qing.

3. India

Taj Mahal, India. Foto: Kumparan
Taj Mahal, India. Foto: Kumparan

Perjalanan India sebagai sebuah bangsa dimulai sekitar 1500 SM meski sejatinya, orang-orang sudah mulai bermukim di India pada 3300 SM.

Periode tersebut dikenal sebagai Periode Weda. Sementara itu, India Modern baru didirikan pada 1947 setelah negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris.

4. Yunani

6 Negara Tertua di Dunia 1
Peninggalan Yunani kuno. Sumber: Wikimedia Commons

Peradaban di Yunani telah berlangsung sejak 800 SM. Pada masa itu dikenal sebagai periode Archaic. Di masa ituah, orang-orang Yunani membuat banyak kemajuan di bidang seni, teknologi, dan penemuan konsep kota-negara serta demokrasi.

5. Jepang

6 Negara Tertua di Dunia 2
com-Osaka Jepang Foto: Shutterstock

Jepang atau disebut juda dengan Negeri Matahari Terbit ini dipercaya berdiri sejak 660 SM yang merujuk pada Kaisar Jimmu. Kaisar Jimmu juga dianggap populer dan legendaris karena diyakini sebagai keturunan Dewi Matahari Amaterasu dan tercatat sebagai kaisar perama dalam dua kronik awal Jepang, Kojiki dan Nikon Shoki.

6. Iran

6 Negara Tertua di Dunia 3
Pembangunan istana terinspirasi dari Babilonia Foto: commons.wikimedia.org

Iran dulunya dikenal sebagai Persia yang berdiri sekitar 550 SM. Ini juga menandakan Iran sebagai negara termuda dalam kelompok negara tertua di dunia.

Jauh sebelum tahun berdirinya, peradaban Iran tampak dimulai oleh beberapa kelompok, seperti kelompok Elam yang menetap di wilayah barat serta barad daya.

Itulah beberapa negara tertua di dunia yang di masa peradabannya jauh dari konsep negara modern.

Penulis:

author

Nafisah Samratul

Content Writter at LAZ al-Hilal